Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 JENIS MAKANAN YANG KURANG BAIK UNTUK KELINCI DIUSIA DIBAWAH 2 BULAN

Ketika kita sudah berhasil membuat kelinci yang kita pelihara melahirkan anak2nya. Maka tugas kitaq selanjutnya adalah menjaga agar anaknya dapat disusui dan mampu hidup lepas sapih sampai dwasa. Biasanya kelinci yang belum memasuki masa sapih maka kelinci akan mulai belajar makan dengan memakan apa yang dimakan induknya. Apa saja yang diamakan induknya semisal pellet atau hijau lainya akan tetap aman  selama anakannya masih mendapat asupan susu induknya. Pada susu kelinci terdapat colostrums yang sangat banyak melebilhi jumlah clostrum pada ASI manusia, pada susu induk kelinci juga terdapat anti microba jadi kta akan jarang sekali menemui kelinci yang terserang mencret ketika masih menyusui induknya.

anakan kelinci



Yang jadi permasalahanya sekarang adalah ketika kelinci memasuki masa sapih dan dalam kondisi asupan susu induk sudah mulai berangsur2 dikurangi, maka ini yang jadi perhatian kita.. makanan yang paling bagus kelinci kondisi ini adalah makanan dengan kadar nutrisi rendah dengan serat yang baik. Berikan terus sampai pencernaan kelinci benar2 siap, enzim2 pada perut kelinci sudah siap. 

Baru bisa kita berikan pakan dengan nutrisi yang bagus untuk mengenjot pertumbuhannya. Ingat juga pakan untuk konsep pedaging, protein tinggi diawal untuk membentuk postur yang ideal kemudian di akhir kita genjot dengan pakan yang berenergi tinggi untuk percapaian bobotnya.


Baca Juga : Bolehkah Kelinci Makan Buah Nangka
Kebanyakan peternak banyak yang mengenjot kelinci diwal dengan pakan bernutrisi tinggi yang sangat banyak, pellet habis ditambah lagi dan habis lagi ditambah lagi. Memang kondisi ini kelinci sangat rakus2nya, Biasanya individu yang paling rakus yang akan mati duluan, karena apa?? Kelinci makan banyak akan tetapi belum dimbangi enzim2 yang ada dipercernaanya belum maksimal.

Jangan lantas kemudian kalian akali dengan menembah dengan bakteri dari SOC untuk ternak kelinci. Percalah tidak ada bakteri pada SOC yang cocok dengan apa yang ada di pencernakan kelinci. Hampir semua bakteri pada SOC kelinci tidak ada yang mampu menembus asamnya perut kelinci. Dan bakteri pada pencernaan kelinci akan ada dengan sendirinya tanpa penambahan bakteri pada SOC.


Jadi kapan kiranya kelinci itu sudah memiliki pencernaan yang baik. Cirinya ya ketika anakan kelinci sudah bisa memproduksi caecrotop sendiri. Banyak sekali gizi dan juga bakteri yang bermanfaat untuk kelinci pada caecrotopnya.

Baca Juga : Bolehkah Kelinci Diberi Makan Madu
Jenis makan yang kurang baik untuk kelinci dibawah 2 bulan

Sayuran hijau

Lha kok bisa sayuran hijau bisa berbahaya buat kelinci, bukan masalah pada sayurannya tapi yang jadi masalah bagaimana kondisi sayuran saat kita memberikan ke kelinci. Apakah pada saat kondisi segar ataukah sudah dalam kondisi layu. Ini sangat penting sayuran dalam kondisi layu jauh lebih aman untuk pencernaan kelinci, ingat sayuran segar masih bisa menghasilkan gas  yang ini sangat berbahaya bagi percernaankelinci. Lihat penjelasa lebih detail tentang gas ini di artikel mengobati kelinci yang terserang kembung. Biasanya sayuran yang diberikan kekelinci adalah kangkung, sawi putih, kol, dan sawi hijau.

Kemudian dedak padi atau bekatul. 

Dedak padi ini mengandung kadar serat yang cukup baik akan tetapi jangan samapai terlalu over pemberian pada kelinci muda harus dibatasi, ingat kelinci muda lebih baik pakan yang diberikan dalam jumlah yang terbatas. Ini lebih baik dari pada kelinci kekenyangan.

poer ayam/ pakan ayam.

Ini juga salah, mau kelinci anakan atau dwasa pakan ayam saangat tidak disarankan untuk kelinci. Karena kandungna serat pada pakan ayam yang sangat rendah. Kelinci akan kekurangan serat dan ini akan mempengaruhi pencernaannya. Pemberian poer ayam /pakan ayam pada kelinci akan membuat kelinci mengalami diare. Ampas tahu, polar, nasi, umbi2an dll sebaiknya dihindari untuk ternak kelinci masa lepas sapih pun begitu dengan pellet. Kecuali jika kita bikin sendiri dengan kadar pellet yang rendah mutrisi.

Dah itu saja saya lagi males nulis intinya adalah rumput kering adalah makanan yang paling aman untuk kelinci masa lepas sapih sampai kondisi pencernaanya sudah benar2 siap. Masa ini cuman sebantar jadi sabar saja dan jangan buru2 nafsu mengenjot kelinci dengan pakan yang bernutrisi tinggi jika kondisi pencernaanya belum benar2 siap.


Baca Juga : Bolehkah Kelinci Makan Buah Mangga