MASALH LUMPUH PADA KELINCI

MASALH LUMPUH PADA KELINCI

Lumpuh adalah salah satu penyakit yang bisa terjadi pada kelinci. Terjadinya lumpuh dapat terjadi secara tiba-tiba.Pagi kelinci nampak sehat siangnya kelinci sudah lumpuh mendadak.
Biasanya lumpuh terjadi pada kelinci yang berusia 2 sampai 3 bln dan kelinci yang baru melahirkan.Penyebab pasti belum begitu jelas namun dari beberapa  literarur penyebab lumpuh bisa diakibatkan oleh bakteri  atau penyebab lain seperti :

-kelinci tersebut kurang minum
-kurang calsium
- terjadi gangguan syaraf
-memakan rumput yang mengandung air embun pagi
- terjadi sembelit
- stress yang berlebihan
- Kaki kejepit alas kandang 


Cara pengobatanya adalah sbb ;



1) Apabila hal tersebut disebabkan oleh bakteri dapat dilakukan injeksi antibiotik yang mengandung Procaine penicillin G dan Dihydrostreptomycin sulphate (merk dagang dapat diperoleh dengan nama penstrep-400), atau Oxytocyn dengan dosis  0,1 ml per Kg berat badan. dan Vitamin B Komplek
Jika kesulitan mendapatkan obat injeksi atau mungkin Anda kurang paham untuk menggunakan alat suntik, maka bisa memanfaatkan obat oral. Saya sudah mencoba untuk 12 kasus kelinci yang tiba-tiba lumpuh dengan antibiotik yang biasa dipakai manusia yaitu  piroksikam 10 mg 1 tablet ( 1 hari sekali)  selama belum sembuh (biasanya 2 kali pemberian sudah sembuh), atau amoxan/claneksi/cefat, 125 mg pemberian 2 kali sehari,dan ditambah dengan Vitamin B Komplek, dalam 3 kali pemberian obat kelinci sudah sembuh.

Untuk mempercepat proses penyembuhan, bisa dilakukan teraphy sbb:


1) Beri kehangatan kandang dengan lampu pijar 5  atau 10 watt . Sediakan/beri air minum,beri madu untuk energinya karena biasanya kelinci kurang nafsu makan, Pemberian vitamin B12 atau B complex sangat membantu selama masa  penyembuhan.

2) Cara ke dua (optional) adalah parut jahe lalu balurkan ke kaki kelinci.

Pengobatan kelinci lumpuh ini hanya berdasarkan pengalaman saya sehingga belum teruji secara emphiris medis,  tetapi Alhamdulillah bisa menyelamatkan banyak kelinci di farm saya.
sumber : kelinci-wongkito.blogspot.com
BACA JUGA CIRI-CIRI KELINCI AKAN BERANAK

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar