Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BAGAIMANA SUPAYA INDUK KELINCI BERANAK BANYAK DIATAS 8 EKOR PER KELAHIRAN

INDUK KELINCI BERANAK BANYAK DIATAS 8 EKOR, KOK BISA- Jikalau kita ingin berkecimpung di ternak kelinci potong, maka kita harus belajar keayam potong kenapa? Karena  mereka sudah tertib sistemnya, dari mulai bibit DOC, pakan (starter, grower, finisher) panen dan pasca penen semua sudah berjalan tertib.


Syarat bibit untuk ayam potong adalah ada 2 kriteria yaitu


1.    Reproduksi

2.    Produksi

Reproduksi adalah ayam dari jenis yang beranak banyak, dan produksi adalah dipilih dari ayam yang percepatan tumbuhnya baik. Kenapa jenis ayam kampung tidak dipilih untuk  industry ayam potong,

padahalkan tekstur dagingnya lebih enak, ya karena ayam kampung reproduksinya rendah,  dibanding dengan ayam broiler yang beranak lebih banyak, pun ayam broiler mempunyai percepatan tumbuh yang lebih baik.


KELINCI BERANAK BANYAK

maka syarat ternak kelinci potong pun juga sama seperti itu, reproduksi dan produksinya juga harus sama-sama bagus, jadi jenis ternak kelinci  apa yang digunakan??  Jika jenis kelinci sudah memenuhi criteria diatas, maka bisa kita gunakan untuk kelinci potong.
Kalo bisa ya jenis hybrid, persilangan dari beberapa ras, terutama California dan NZW diseleksi tingkat reproduksinya dan  tingkat produksinya.

Ini adalah tugas para breeding ternak kelinci di indonesia, kita percayakan saja pada ahlinya karena urusan persilangan dan perseleksian ini ribet sekali bikin pusing…..


OK kita kembali ke laptop, kembali kejudul post diatas yaitu kelinci yang beranak banyak, saya dulu juga sempet kebingungan dengan masalah ini, harga kelinci hybrid mahalnya luar biasa, jadi bagaimana nih, jika kita mau terjun dikelinci potong,

ini yang menjadi dilemma, jadi pikiran saya berbulan- bulan, jadi GEGANA  (gelisah, galau , merana), seperti teman kita yang pujaan hatinya dilamar orang lain soalnya gagal melulu di dunia kelinci.. t

tenang broo….

kita juga senasib, saya juga gitu, yang senasib silahkan angkat tangan, mari kita buat komunitas


 “ IKATAN JOMBLO PETERNAK KELINCI INDONESIA” wkwkwk…..

Kembali lagi ke laptop..


Soal produksi dan reproduksi pada ternak kelinci tidak sepenuhnya dipengaruhi oleh gen, semuanya bisa kita usahakan, bisa kita modifikasi..

Wahh… jawaban guru kami diatas buat kami jadi bersemangat lagi.. yang tadinya galau karna ditinggal nikah pujaan hati, jadi bersemangat lagi untuk ternak kelinci
..hahaha

Baca Juga : Mengatasi indukan kelinci yang terserang kelumpuhan

Kunci beranak banyak pada kelinci adalah pembentukan postur kelinci sejak masa sapih, sampai dwasa dan siap kawin. Atau bahasa maduranya “long chassis”.


Seperti yang kita ketahui, ketika terjadi perkawinan pada ternak kelinci, maka akan ada 60- 70 sel telur yang dibuahi, tapi karena berdesak-desakan, terseleksilah sehingga jumlah anaknya hanya dibawah 10 ekor,

5-6 atau 7. Jika dari awal kita bisa buat punggung kelinci lurus dan panjang maka otomatis tempat bergantungnya janin akan semakin banyak, dan jumlah anakannya pun akan semakin banyak.


Pada phase pembentukan phostur, kadar serat kasar yang tinggi otomatis akan memperpanjang masa transit diusus kelinci, kondisi ini akan membuat  ternak kelinci


terus menerus selonjoran dan akan membuat posturnya semakin panjang, tentunya harus ditunjang dengan kondisi kandang yang memadahi, karena  kelinci akan sering selonjoran.

Disamping itu kita juga harus design pakan  dengan komposisi rendah nutrsi terutama kadar kalorinya sehingga ternak kelinci akan terus menerus lapar dan terus menerus makan, untuk memenuhi nutrisi hariannya, perutnya akan terus menerus penuh dengan makanan yang berserat.


Nah inilah kenapa kita harus canangkan mempunyai feedmill/ mesin pellet sendiri, kita bisa design pellet sesuai kebutuhan kita, karena ini adalah kunci keberhasilan, dengan mesin pellet semuanya akan terkendali,baik itu populasi, kesehatan atau yang lainnya.

“Tapi mesin pellet itukan harganya mahal broo…”

Kalo tidak kuat beli sendiri ya berdua, berdua gak kuat ya berlima, berlima gak kuat ya berbanyak, kita kan punya komunitas ditiap-tipa regional, jadi feedmillnya nanti milik bersama gabungan dari temen2. Maka nantinya ini akan berdiri sendiri dan akan mencukupi pellet para anggotannya….

OK bisa dimengerti.


Masalah cara mendesign pakan dengan kadar serat tinggi dan rendah nutrisi nanti dipost selanjutnya..


Baca Juga : Cara membuat pelet kelinci skala kecil