Skip to main content

PRODUKSI DAN PENGELOLAAN KELINCI PEDAGING

Produksi dan Pengelolaan kelinci Pedaging-Ada kebiasaan yang berubah seiring dengan meningkatnya akan konsumsi protein hewani. terutama karena adanya peningkatan standar hidup.Ini terjadi karean adanya peningkatan stadart hidup.Daging yang digasilkan dari hewan ternak seperti domba , sapi kambing dan unggas tidak akan mampu memenuhi permintaan konsumsi daging yang terus meningkat. Mengingat banyaknya permintaan daging dan produk dari budidaya kelinci, serta memiliki cakupan yang sangat luas diindonesia, daging kelinci bisa dijadikan sebagai sumber daging alternative.



Keunggulan daging kelinci

Daging kelinci hampir bebas kolesterol (50mg / 100 gm) dan mengandung lemak paling rendah di antara semua daging yang ada. Makanya, penderita jantung juga bisa mengkonsumsi daging kelinci.  Daging kelinci adalah daging berwarna putih sama seperti daging pada unggas. Dagingnya sangat lembut, juicy dan lezat.  Kandungan kalsium dan fosfor lebih banyak yaitu 20 mg / 100 gm dan 350mg / 100gm daging, dan  kandungan natrium (40mg / 100 gm daging). 

Daging kelinci memiliki nilai kalori yang sedikit dan asam nikotinat tertinggi (13mg / kg daging) yang terkandung didalam daging, protein pada daging kelinci mudah dicerna dan bergizi tinggi. Persentase daging yaitu 60 sampai 65% dan rasio tulang-tulang adalah 5: 1,2.Daging kelinci tidak memiliki aroma yang amis, mudah dicerna dan cocok untuk dikonsumsi baik dalam kondisi iklim panas maupun dingin.

Kenapa harus beternak kelinci???

Saat ini peternakan kelinci mendapatkan keunggulan untuk daging, kulit dan bisa mengimbangi produksi daging sapi di dalam negeri. Mudah dipelihara,karena ukuran tubuh kelinci pedaging  yang kecil, membutuhkan sedikit ruang untuk akomodasi dan makan. Pakan kelinci tidak bersaing dengan manusia, tidak seperti biji-bijian makanan seperti untuk unggas. 

Seekor kelinci dapat dibudidayakan di halaman belakang rumah dengan limbah sayuran atau limbah dari dapur, pakan ternak hijau dan daun pepohonn. Potensi reproduksinya sangat tinggi. kelinci dapat dibesarkan sepanjang tahun,  Dan kelinci bisa mulai dikawinkan ketika usia 5 sampai 7 bulan dan masa kebuntingan hanya 30 hari. kelinci juga  mudah beradaptasi dalam berbagai kondisi iklim yaitu panas lembab sampai cuaca dingin. Laju pertumbuhan sangat cepat. kelinci pedaging bisa mencapai berat 1,5 sampai 2,0 kg dalam 90 hari dan bisa dipasarkan untuk disembelih. Relatif tahan terhadap penyakit dibanding hewan lain dan burung unggas.


Selain daging, kelinci  juga menghasilkan kulit bulu sebagai produk sampingan yang bisa dimanfaatkan untuk persiapan kerajinan barang mewah seperti topi, sarung tangan, dompet, jaket anak dll. kelinci sangat cocok dalam sistem peternakan terpadu dan bisa dipelihara di halaman belakang dengan ruang terbatas. Peternakan kelinci tidak memerlukan investasi besar seperti usaha ternak lainnya. Kebutuhan perawatan untuk memelihara kelinci sangat minim. Peternakan kelinci bisa menghasilkan potensi besar bagi ratusan pemuda pengangguran dan wanita negeri ini. Bahkan pemeliharaan kelinci halaman belakang skala kecil secara substansial dapat meningkatkan pendapatan rumah tangga.


Tata kelola peternakan kelinci

Untuk mendapatkan  produksi  kelinci yang optimal dari  daging dan keuntungan keseluruhan peternakan kelinci, kelinci  harus dikelola dengan pengetahuan ilmiah modern. Praktek pengelolaan yang penting meliputi pemilihan bibit , kandang , pakan , pembibitan dan manajemen kesehatan kelinci.

 Seleksi bibit  untuk peternakan krlinci ras pedaging

Memilih bibit kelinci pedaging  yang tepat sangat penting untuk keberhasilan budidaya kelinci pedaging. Ada sekitar 89 kelinci yang diakui secara internasional.  Jenis penting yang dapat dipilih untuk peternakan kelinci pedaging  adalah Chinchilla Soviet, Newzealand White, Grey Giant, White Giant, Flemish Giant, California, Silver Fox,Newzealand White rabbit,Soviet Chinchilla rabbit dll

Persiapan kandang


Kandang memainkan peran penting bagi keberhasilan peternakan kelinci. Tujuan utama dari kandang yang tepat adalah untuk melindungi hewan dari hujan, angin, sinar matahari dll. Ini semua tergantung pada wilayah, kondisi iklim dan ukuran peternakan kelinci, Ada tiga jenis model kandang yang umumnya diberikan pada peternakan kelinci. sistem kandang, sistem hutch dan sistem lantai.

Sistem kandang batrai


Kandang dapat diatur di dalam saung permanen atau semi permanen. Kandang bisa satu tingkat, dua tingkat, atau bahkan disusun sampai 3 tingkat. Kandangnya harus memiliki panjang 60cm, lebar 80 cm dan tinggi 45 cm untuk kelinci betina. Ukuran lubang kawat galvanis harus 1,0 cm di bagian bawah dan 2,5 cm di samping bagian kandang. Anakan kelinci  setelah disapih masuk kedalam kandang pembesaran dengan ukuran kandang 35 cm X 35 cm. Setelah mencapai masa kawin  mereka harus ditempatkan terpisah. Kotak sarang dibuat dengan dimensi 50 cm X 30 cm X 20 cm dengan beberapa lubang di bagian bawah dan samping untuk drainase dan ventilasi.

Di dalam kandang sistem tier umumnya diletakkan pada tiang logam atau pilar semen sekitar 2 sampai 3 kaki di atas permukaan tanah. Tidak harus pakai kawat kandang juga bisa dibuat dari bamboo dan kayu.

Kandang induk

Kandang indukan  digunakan untuk keperluan perkembangbiakan dan untuk proses beranak indukan kelinci, tapi untuk kelinci lainnya seperti kelinci remaja juga dapat dimasukkan kekandang ini. Kandangnya bisa dibuat dengan besi, wire mesh, kayu atau bambu dan atapnya dengan lembaran talang karpet  Lantai bisa pakai  wire mesh agar mudah dibersihkan.

System umbaran

kelinci juga bisa dipelihara dengan system umbaran seperti ayam. Lantai harus tanah seperti kelinci yang menggali lubang  di alam liar. Sistem ini direkomendasikan untuk dataran tinggi dan daerah curah hujan yang tinggi.

Pakan kelinci

Pakan kelinci biasanya  menghabiskan 70 sampai 80 persen dari total biaya produksi pada peternakan kelinci. Hasil sampingan dari peternakan kelinci seperti urine, kotoran, kulit dll bisa untuk mengurangi biaya pakan yang besar ini. kelinci adalah hewan herbivora. Mereka mengkonsumsi berbagai macam pakan termasuk rumput, jerami, hijauan hijau, akar dan daun pohon. 

Rumput segar dan kering juga bisa diberi makan. tanaman akar seperti ubi jalar,  dll, pakan ternak jagung, dedaunan ubi jalar dan tanaman merambat merupakan sumber pakan hijau yang baik. Tapi yang perlu diingat pakan denga sumber seret kasar yang tinggi, membuat produksi daging tidak akan optimal,karena itu campuran konsentrat juga dapat diberikan pada kelinci. Konsentrat pakan/pellet  meliputi sereal (Jagung, gandum, dll). Produk sampingan seperti dedak gandum, dedak padi, dedak gandum dll. Ampas tahu, ampas kecap dan lain-lain merupakan komponen protein penting dalam ransum rabbit.

Tepung ikan juga bisa dicampur sebagai sumber protein dalam campuran konsentrat. Ransum yang sesuai dapat disusun dengan menambahkan bahan yang disebutkan di atas dengan setidaknya 16% protein kasar yang dapat dicerna dan 70% nutrisi yang dapat dicerna untuk kelinci.



Komposisi campuran konsentrat ideal diberikan di bawah ini:
Contoh komposisi campuran konsentrat yang di berikan untuk kelinci:
Jagung (43%), polard (15%), dedak padi (15%), bungkil kacang kedelai (10%), kulit kacang tanah (7%), , tepung ikan (2%), Campuran Mineral (2%), Garam  (1%)
Campuran konsentrat dapat diberikan dalam bentuk  pelet dengan mencampur konsentrat dengan air karena biasanya kelinci biasa mencakar2 pakan sehingga pemborosan pakan bisa diminimalisir.Daun  hijau / pohon atau serat dapat diberikan ad libitum. Umumnya konsentrat ditawarkan di pagi hari dan rumput di malam hari. Air minum bersih harus disediakan ad libitum sepanjang hari dan malam.

Usia kawin

Bergantung pada jenis, pakan dan kelamin  jantan dan betina umumnya matang pada usia 5 sampai 7 bulan. Perbandingan jantan dan betina  mungkin 1: 10. Tanda merah pada  kelamin betian  menunjukkan bir*hi, menggosok2kan dagu didinding kandang, duduk dalam postur kawin yang mengangkat ekor.
Bila seperti ini langsung masukkan kekandang pejantan untuk kawin. Tanda perkawinan berhasil kelinci akan membuat suara mengerang yang disebut 'lordosis'. Waktu kawin yang ideal adalah pagi atau sore hari. 

Periode kehamilan  pada kelinci rata-rata 30 hari. Sebelum melahirkan induk kelinci doe akan mencabuti  bulu dari bagian perutnya dan akan menyiapkan tempat untuk anak2nya. Namun,segeta masukkkan nestbox kedalam kandang induk. Seekor induk kelinci  biasanya melahirkan 5 sampai 8 anakan kelinci satu per satu. Anakan yang baru lahir tidak berbulu dan mata tertutup. Setelah 9 sampai 10 hari mereka membuka mata dan secara bertahap bulu mulai tumbuh. 

Segera setelah lahir dan sampai membuka mata mereka hanya bergantung pada makanan susu indukan. Pada usia 21 sampai 23 hari mereka mulai menggigit pakan yang diberikan kepada induk . Pada usia 42 sampai 47 hari anakan kelinci dapat dipisahkan dari induk mereka, prosesnya disebut penyapihan. Perkawinan indukan lagi dapat dilakukan pada saat penyapihan.

Manajemen kesehatan


Beberapa penyakit yang sering ditemui dan infestasi parasit adalah koksidiosis yang disebabkan oleh kelompok protozoa Eimeria. Gejalanya meliputi sedikit gerak, kehilangan nafsu makan, bulu kasar, lemas dan kelinci akan berbaring dengan mata mengantuk. Pengobatan dengan 'sulmet' @ 1,5 ml / kg berat badan selama 2 hari diikuti dengan 0,7 ml / kg berat badan selama 4 hari dianjurkan.

Aflatoksikosis terjadi karena pakan terkontaminasi jamur Aspergillus. Toksin jamur yang disebut aflatoksin dapat menyebabkan kematian hingga 30 persen. Gejalanya meliputi perut buncit, aborsi pada indukan kelinci hamil, kehilangan nafsu makan dan kematian.
scabies disebabkan oleh ektoparasit yang disebut tungau Psoroptes. Gejalanya adalah gatal dan iritasi pada telinga kelinci.


Kebersihan dan sanitasi kandang  sangat penting bagi keberhasilan peternakan kelinci. Air minum bersih, pakan bebas jamur, cukup ventilasi, sinar matahari dan perlindungan dari hujan sangat diperlukan. 


LIKE  FANS PAGE KAMI…===>>untuk update artikel baru blog ini klik saja
Gabung  GROUP INDUSTRI KELINCI
Rugi kalau gak JOIN, tinggal KLIK saja ===>>>



Group tempat berkumpulnya para SESEPUH KELINCI
belajar dan sharing tentangKELINCI PEDAGING, produk olahannya dan usaha turunan dari ternak kelinci


sumber websitefazairablog1