MENCANGKOK DENGAN MENGUNAKAN BAHAN FLORAL FOAM

MENCANGKOK DENGAN MENGUNAKAN BAHAN FLORAL FOAM

MENCANGKOK DENGAN MENGUNAKAN BAHAN "FLORAL FOAM"



yang namanya peternakan kelinci pasti tidak akan lepas dengan bidang pertanian karena memang peternakan kelinci sangat bersinergi dengan dunia pertanian, potensi pemanfaatan pupuk baik dari kotoran kelinci dan juga urine kelinci, maka dari itu untuk mendukung hal tersebut artikel ini cara mencangkok dengan media floral foam mungkin bermanfaat untuk  rekan2 peternak kelinci yang ingin memanfaatkan pupuk dari urine dan kotoran kelinci..








Bahan floral foam adalah bahan yang sering digunakan pada penyedia karangan bunga, terlebih bahan ini selalu digunakan untuk merangkai karangan bunga segar sebagai pajangan pada ruangan, karena media floral foam digunakan sebagai media stek tanaman agar rangkaian bunga segar  dapat dirangkai dengan indah dan tidak layu Dan pastinya rangkaian bunga tersebut akan tetep terlihat segar dalam jangka waktu tertentu, Sama seperti batu apung yang tercipta di alam secara alami, bahan dari media floral foam adalah batu alam yang dilelehkan pada suhu yang amat sangat tinggi, Lalu  pada saat dilelehkan dan dicetak kemudian diberi warna seperti  pada umumnya yaitu warna hijau, floral foam ini banyak dijual pada umumnya berbentuk seperti paving block atau brick





Karena mempunyai banyak kelebihan maka dari itu media ini banyak digunakan oleh para penjual rangkaian bunga, Mempunyai ruang pori yang sangat banyak serta daya simpan airnya yang tinggi. Jika kita menggunakannya sebagai bahan untuk mencangkok , akar akan mudah sekali tumbuh karena ketersedian air didalam media cangkok  yang sangat tinggi dan disertai kemudahan akar untuk keluar karena secara kasat mata, bahan material floral foam sangat rapuh dan lembut untuk akar bisa menembus, sekalipun oleh akar2 muda. Nah dengan itu maka pertumbuhan akar akan sangat cepat sekali dan juga sekaligus kita bisa mengamati.


Beberapa jenis merek floral foam yang beredar diindonesia

Aspac premium, oasis, foracell, dengan harga sekitar 6000 sampai 7500 per blok
ukuran sekitar 23 x 10 x 7 cm, floral foam ini banyak sekali ditemukan di toko yang menjual karangan bunga  dan rangkaian bunga segar. juga dibeberapa toko yang menyediakan beberapa peralatan untuk budidaya tanaman, Jika kita bandingkan harga floral foam dengan jumlah cangkokan yang dapat kita buat, maka ongkos atau biaya yang kita keluarkan akan menjadi sangat murah. Untuk satu bibit cangkok berkisar antara 200 sampai 600 rupiah.

Ada dua jenis floral foam yaitu tipe kering dan basah.
Karena tidak sama sekali menyerap air maka floral foam tipe ini disebut dengan tipe kering dan yang satunya lagi floral foam tipe basah yang dapat menyerap dan menyimpan air didalam ruang berpori didalam floral foam.

Berikut ini tutorial untuk mencangkok dengan mengunakan bahan floral foam.



 Sediakan potongan floral foam, perangsang akar dengan merk B1 liquinok, cutter atau pisau tajam berbahan stainless stell, plastic yang kita biasa pakai untuk kemasan gula pasir berukuran 1-2 kg. tali dari plastic es untuk alat pengikat yang elastic dan lentur.


 Zat perangsang akar seperti root up dan rootone f, Clonex, maupun Rootone F. Semua ZPT ini umumnya mengandung senyawa indole 3 butiric acid.



5 mililiter B1 Liquinox dilarutkan dalam 1000 mililiter air, Rendam potongan floral foam pada larutan tersebut. Ada baiknya jika jangan terlalu besar karena ukuran floralfoam yang besar akan menyulitkan dan menghambat pertumbuhan akar cangkokan karena akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bisa menembus floral foam yang terlalu besar.


 Kemudian sayat habis lapisan kambiumnya yang telah mengering dan menimbulkan warna coklat yang telah dikelupas kulitnya, Saat melaukan pengerikan cambium posisi pisau harus tegak lurus dengan  arah batang yang akan dicangkok.
Hal Ini dilakukan untuk mengurangi luka2 yang kita kerik lapisan kambiumnya. Jika terlau banyak cambium yang luka maka akan mengakibatkan jaringan kayu mati.






kemudian olesi dengan zat perangang akar. Zat peumbuh akar ini juga mengandung anti jamur sehingga bermanfaat untuk menhambat tumbuhnya jamur.




Ambil plastic dan potongan floral foam yang sudah direndam dan juga pisau untuk memotong floral foam.

Belah floral foam tepat ditengah.





Floral faom yang sudah dibelah menjadi 2




Taruh floral foam pada bagian batang atas yang akan dicangkok



Kemudian bungkus floralfom dengan plastik



kemudian tali palstik dengan kencang dan kemudian rapikan platik tersebut agar plastik dapat menutup dengan erat.




Gunakan jepitan pakaian untuk membatu saat kita hendak mengikat plastic . Penggunaan tali pengikat yang terbuat dari tali es sangat bagus karena tali tersebut sangat lentur  sehingga akan bisa mengikat dengan rapat dan kuat.



Jika sudah diikat semua kemudian rapikan lagi  unjung2nya. Nah proses pencangkokan telah selesai



Ukuran cangkokan sangat minimalis.


 Dalam kurun waktu 2 minggu akar cangkokan jambu air sudah tumbuh akar dengan subur


 Akar cangkokan buah delima juga sudah tumbuh dalam waktu 2 minggu



Cangkokan jambu citra




Cangkokan klengkeng diamond yang baru saja selesai



 Jika terlihat media floral foam kering tambahkan larutan vit B1 liquinok diberikan ddengancara disuntikkan kedalam media floral foam.











Nah setelah akar telah cukup banyak  pisahkan cangkokan dari tanaman induk, buka palstik dan rendam dalam larutan B1 liquinok 10 sampai 20 menit agar media cangkok jenuh dengan P2O5 sekaligus untuk mengurangi tingkat stress pada tanaman


 Kemudian  tanam bibit cangkokang pada wadah gelas plastic kecil atau bisa dalam polybag kecil




Gunakan media tanam berupa kompos dari kelinci dan sekam bakar dengan perbandinga 1 : 1 tanpa tanah  yang bertujuan untuk memacu pertumbuhan akar karena media yang subur dan porus. siram lagi media dengan larutan vit b1 liquinok  dan letakkan bibit tanaman hasil cangkokan ditempat teduh selama seminggu sebelum mendapat penyinaran matahari penuh.






Bibit baru jambu "Black Kingkong" hasil cangkokan dengan menggunakan bahan floral foam telah siap tumbuh menjadi individu tanaman baru dan kelak menghasilkan buah yang sama persis dengan buah yang dihasilkan oleh tanaman induknya.



Bibit baru hasil cangkokan telah ditanam di polybag dengan ukuran polybag yang menyesuaikan dengan ukuran bibit hasil cangkokan tersebut


SELAMAT MENCOBA & PASTI BISA !!!!!

baca juga : tips memperbanyak tanaman odod untuk paka kelinci

LIKE  FANS PAGE KAMI…===>>untuk update artikel baru blog ini klik saja
Gabung  GROUP INDUSTRI KELINCI
Rugi kalau gak JOIN, tinggal KLIK saja ===>>>



Group tempat berkumpulnya para SESEPUH KELINCI
belajar dan sharing tentangKELINCI PEDAGING, produk olahannya dan usaha turunan dari ternak kelinci

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar