PENANGANAN BELATUNG PADA LUKA DI BADAN KELINCI

PENANGANAN BELATUNG PADA LUKA DI BADAN KELINCI

Pernahkah Anda melihat kelinci dibagian kemaluannya terjadi luka seperti koreng dan bahkan mengeluarkan belatung, jika ciri-ciri tersebut Anda temui maka itulah yang dinamakan penyakit FlyStrike. 




Penyebab terjadinya penyakit ini adalah karena sanitasi dan kondisi kandang yang kotor. Kelinci atau urin yang bercampur akan menjadi resiko tinggi dari kondisi ini. Lalat dapat bertelur pada area kandang. telur ini kemudian berkembang menjadi belatung yang akan memakan daging kelinci yang semakin hari semakin parah. Untuk itulah penyakit ini dikenal dengan nama FlyStrike. Kondisi ini biasa terjadi di musim kemarau. Sehingga kebersihan kandang menjadi hal yang mutlak dilakukan untuk menghindari resiko terserangnya kelinci akan penyakit ini.

Kelinci mengeluarkan kelenjar bau yang jika dalam keadaan abnormal maka bau ini yang akan merangsang lalat untuk menempelkan telurnya ke area tersebut. 

Penanganan yang bisa dilakukan adalah dengan cara mebersihkan bagian area yang sakit dengan air hangat dicampur antiseptic, buang belatung yang ada dengan pinset. setelah itu lakukan pemberian obat luka. Injeksi dengan antibiotik berspectrum luas untuk membasmi bakteri gram positip dan negatip.Dalam beberapa hari sudah pulih kembali.

Note:

Beberapa Gbr di Blog ini diambil dari internet, jk ada Gbr Anda yg saya gunakan dan Anda menginginkan untuk diremove silahkan hubungi saya


sumber : kelinci-wongkito.blogspot.com
BACA JUGA : CARA MENGOBATI PENYAKIT MATA PADA KELINCI

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar