BERBAGAI JENIS AYAM KATE

BERBAGAI JENIS AYAM KATE



di indonesia ada beberapa jenis ayam kate namun yang sering disebut para peternak biasanya mengelompokkannya menjadi dua macam jenis ayam kate saja yaitu ayam kate import dan ayam kate local, nah kemudian dari dua macam ayam ini muncullah berbgai jenis ayam kate baru karena disilangkan oleh para peternak dan akhirnya munculah warna2 baru dan juga bentuk badan yang berbeda, mangkanya banyak sekali kadang kita jumpai kate dengan warna dan jenis yang beraneka macam ketika kita sedang berada di pasar hewan atau pasar burung yang menjual ayam kate ini.

gambar Mengenal Berbagai Jenis Ayam Kate

ciri ciri ayam kate asli

Terkadang para peternak memberi nama ayam kate mereka dengan berbagai nama yang menurut mereka nama tersebut sesuai dengan keunikan dan kekhasan ayam kate tersebut misalnya saja seperti ayam kate cemani, mahkota, emas, dll ada juga yang menamai seperti dari asal negaranya ketika didatangkan ke Indonesia seperti ayam kate kanada, paris, kaps india dll, semua ayam kate ini memiliki ciri2 fisik yang beraneka ragam, dan inilah yang menmbedakan ayam kate satu dengan yang lainnya, semuanya memiliki ciri khas yang berbeda2. Nah berikut ini beberapa ayam kate yang dibudidayakan peternah diindonesia semoga menjadi tambahan wawasan bagi kita semua.


Ayam kate local atau asli Indonesia, ayam ini biasanya mudah dijumpai diberbagai pasaran, warnanya yang ada bisanya yang paling mencolok hanya dua saja yaitu hitam dan juga putih, karena memang ayam ini dinamai dengan mengacu pada warna bulunya dan warna kulitnya. Ayam kate berwarna hitam biasanya ciri2 yang bisa kita lihat adalah mempunyai panjang kaki yang lebih pendek dari jenis ayam kate yang berwarna putih, semua ayam kate jenis ini hanya memiliki jenger satu saja atau tunggal, dan warna pada kedua ayam ini biasanya putih mulus saja atau hitam mulus saja sesuai dengan namanya. Untuk mengetahui jenis kelamin maka lihatlah jenggernya , jika lebih besar dan tecal serta berdiri dengan tegak serta bergerigi maka bisa dipastikan itu adalah jenis ayam kelamin jantan. Ayam janta cenderung mempunyai warna atau corak warna yang lebih menarik dari yang berkelamin betina dan ekornya akan mencuat keatas hampir2 menempel sampai menyentuh kepalannya. Dan yang populer dari jenis ayam local diindonesia adalah jenis cemmani kenapa dinakamakan ayam kate cemani karena semua anggota tubuhnya hampir keseluruhannya berwarna hitam, mulai dari bulu, jengger, kaki paruh dll. Ciri fisiknya yang lain adalah ukuran badanya yang kecil dan ekornya menjulang keatas serta kaki yang agak sedikit pendek, ayam ini sangat gesit sekali suara kokoknya ketika dipagi hari sangat melengking serta sedikit agresif kepada betina, ayam cemani ini yang jenis betina merupakan indukan yang bagus, akan tetapi daya tetas ayam cemani ini masih kalah jauh dengan aayam kate local yang biasa.

Ayam kate import atau pendatang, banyak sekali ayam kate yang didatangkan dari luar indomnesia karena minat yang terus berkembang terhadap jenis ayam ini, salah satunya yang dinamai ayam kapas yang sangat cepat dalam hal adapatasi denagn cuaca dan iklim yqang ada diindonesia. Ayam hias ini berasal dari daratan china dan bulunya yang sangat lembut seperti kapas amngkanya ayam ini dinamai ayak kapas. Ayam ini memiliki ciri2 tubuh yang agak besar dari ayam local, ayam ini mirip dengan ayam cemani kulitnya tubuhnya yang berwarna hitam agak kebliruan meskibun warna bulunya putij mulus, oh iya ayam ini juga mempunyai keunikan lainnya yaitu jumlah jari kakinya yang berjumlah 5. Sam aseperti ayam local lainya ayam ini memiiki jengger, akan tetapi jenggernya tidak tegak alias kepleh, ayam jalntannya mampu berlari dengan gesit dan lincah, di china sana ayam ini juga dikonsumsi daginya karena diyakini dapat digunakan sebagai obat.
Ayam –import yang lainnya adalah ayam itali, seperti sebuah nama Negara di eropa, ya memang ayam jenis ini bersal dari Negara di eropa sana tepatnya dari inggris namun banyak yang menduga bahwa bibit ayam yang ada dindonesia berasal dari Negara itali mangkanya nama ayam ini ayam kate itali, ciri yang sangat menonjol dari ayam ini adalah warna bulunya seperti warna corak batik, dari ciri khas ini kadang juga ada orang yang menyebutnya sebagai ayam batik. Ayam ini termasuk jenis ayam yang agak kecil dari jenis ayam import lainnya atau bisa disebut mungil, dengan warna bulu yaitu hanya coklat agak muda dan putih saja. Akan tetapi pada ujung bulu ayam ini berwarna hitam gelap, jenger ayam ini yang berkelamin jantan berwarna merah sangat menyala, dan ayam ini jenis ayam yang suka bertarung.

Ayam import selanjutnya adalah alam kanada, ayam ini agak lebih mirip dengan ayam itali akan tetapi ada sedikit perbedaan yang menonjol yaitu  warna bulu-bulunya agak sedikit kusam dan pada jenis betinanya suka mengerami telurnya, yntyk yang jantan jenggernya berdiri tegak dan bergerigi.

Lalu adalagi kate cho chin susuai nama ayam ini ya memang ayam ini berasal dari Negara china, yang mana jenggernya seperti bunga mawar ayng sedang mekar warna merah, warna bulunya seperti ayam bekisar, memiliki kaki yang sangat ramping.

Selanjutnya da kate Holland, ya sudah blisa ditebak ayam ini memang bersal dari Negara belanda akan tetapi banyak peternak diindonesia yang sudah memeliharanya, yang menjadi ciri khas adalah adanya bulu pada belakang jenger ayam ini yang menyembul atau berdiri membentuk seperti jambul, ayam ini juga memiliki jengger yang berwarn merah, dan sring sekali berkokok sepertinya memang ayam ini suka berkokok dari pada jenis lainnya, ayam ini mampu bertelur sebanyak 12 butir setiap masanya. dan masih banyak lagi jenis2 ayam kate lainnya

BACA JUGA CARA MERAWAT BULU AYAM BANGKOK

sumber fazairablog

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar