Persiapan Kolam Lele Pada  Budidaya Kolam Tanah

Persiapan Kolam Lele Pada Budidaya Kolam Tanah

Yang pertama adalah temen2 harus berkunjung dahulu kepeternak lele yang sudah sukses untuk belajar banyak ilmu darinya dan nantinya pengetahuan tersebut kita kombinasikan dengan ilmu yang ada di blog ini.

Yang pertama adalah siapkan kolam ikan lele terlebih dahulu, untuk ukuran luas kolam lele itu bebas, sesuaikan saja dengan lahan temen2 semuanya,

Jika kolamnya sudah ada atau misalnya saja kita ingin menyewa kilam orang lain yang sudah tidak dipakai maka kita bisa melakukan hal2 berikut ini, bersihkan lumpur yang ada didalam kolama bekas ikan lele. Lebih bagpus lagi jika kita sambil memeperdalam kolam lelenya semakin  dalam kolam lelenya maka akan semakin baik untuk ikan lele. Perbersihan lumpur pada kolam hukumnya adalah wajib, lumpur ini terbentuk dari arus air yang mengikis dinding2 kolam dan karena atifitas merakan lele yang sangat luar biasa,


gambar  Persiapan Kolam Lele Pada  Budidaya Kolam Tanah

kelebihan dan kekurangan kolam tanah untuk budidaya lele


Yang selanjutnya adalah lumpur hasil dari pembersihan kolam dapat kita gunakan untuk membuat tambahan meninggikan tanggul kolam dan lebih memperkuat lagi, tinggi tanggul kolam sangat penting bagi pembudidaya kolam tanah ini dikarenakan akan dapat menjegah ikan terbawa air saat air kolam mulai meluap dikarenakan banjir dimusim penghujan, untuk tinggi tangul sebaiknya 1 sampai 2 meter dari permukaan air kolam,

Langkah selanjutnya adalah kita obati dulu kolam dengan kapur, yang mana terkadang didasar kolam masih ada predator seperti ular atau ikan lele itu sendiri yang akan memakan anakan lele yang masih kecil yang nati akan kita tebar, bpisa jadi juga ada anakan biawak didasar kolam ikan kita nah ini tentu akan sangat6 merugikan sekali, tebar merata kaput diseluruh kolam, kapurt ini juga akan membunu semua microganisme yang merugikan bagi perkembangbikan ikan lele. Sebelum kolam diisi dengan  air maka harus kita diamkan dulu selama kurang lebih 2 minggu untuk mematikan efetifitas dari zat kapur yang kita tebar tadi.

cara budidaya lele di kolam tanah

Sebelum memompa untuk mengisi air kekolam bersihkan dahulu kolamnya, biar kita tidak kesulitan saat memanen dasar kolab bisa kita pasangi jarring terlebih dahulu, ingat bisanya para juragan2 atau bakul2 lele yang akan mengambil lele, sangat kesulitan jika kolamya dari tanah karena banyaknya lumpur yang harus dibersihkan dari ikan, bisanya sih untuk panena ada kolah kecil tersendiri untuk membersihkan ikan akan tetapi hal ini akan membuat ikan yang kita panen akan menjadi semakin stress, lebih baik kita mengunakan jarring dan ketika akan memanen tinggal mengakat jaringnya saja..
Dengan mengikuti langkah2 diatas maka kolam kita sudah siap untuk ditebar ikan, ambil bibit ikan dan kemudian tebarkan dikolam ikan lele yang sudah disiapkan.

Kita akan masuk pembahasan senajutnya yaitu system pakan pada budidaya ikan lele. Silahkan lanjutkan ke post selanjutnya.


sumber fazairablog

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar