Widget HTML Atas

Membuat pupuk organik dari sisa dedaunan

Buat pupuk organik dari sisa dedaunan itu gampang. Apalagi jika banyak daun yang jatuh berguguran di pekarangan atau halaman rumah yang kita sapu. Daripada kita bakar mending kita buat kompos dan dijadikan pupuk organik.

Daun apa saja bisa kita gunakan sebagai bahan untuk membuat pupuk organik ini. Sampah dedaunan kita kumpulkan dan tempatkan dalam wadah drum khusus untuk membuat kompos.
Lebih baik melakukan penyiraman sampah dedaunan dengan mengunakan bakteri pembusuk supaya dedaunan bisa segera bisa menjadi kompos.



Kita bisa mengunakan bakteri pengurai ditambah dengan tetes tebu lalu bisa langsung kita aplikasikan kedalam drum.. Setiap lapisan sampah kita beri semprotan bakteri atau setiap kita memasukkan sampai hasil bersih2 dipekarangan maka bisa sambil semprotkan bakterinya.

Setiap minggunya kita bisa memanen pupuk organik cair dari dedaunan yg kita komposkan. Karena dasar drum kita beri kran untuk memanen pupuk organik cair. Hasil pupuk organik cair simpan dalam wadah lainnya lalu beri tambahan prebiotik seperti gula merah agar bakterinya bisa terus berkembang.

Pupuk hasil sampah dedaunan ini bisa kita aplikasikan sebagai pupuk daun dengan dosis 10 cc untuk 5 liter air disemprotkan pada dasar daun. Dari daun untuk daun. Atau bisa kita aplikasikan ke akar tanaman dengan menyiramnya.

Baca Juga : ramuan nutrisi untuk membuat buah menjadi manis