Widget HTML Atas

Beberapa cara untuk memilih bibit pepaya betina agar berbuah

Punya pengalaman menanam pepaya dari biji yang kita ambil dari buah. Rasa sebel dan jengkel terkadang menyelimuti jika pepaya yg kita tanam ternyata adalah jenis pepaya pejantan yang tidak bisa menghasilkan buah sama sekali. Mau tidak mau pohonya harus kita tebang.

Tapi jika memakai bibit dari biji yang di beli kemungkinan hasilnya akan betina semua dan pasti akan berbuah. Tapi ya gitu deh inginya yang gratisan aja memanfaatkan biji dengan mengambilnya dari buah langsung.


Nah berikut ini tips untuk memilih bibit pepaya supaya menghasilkan pepaya betina yg berbuah. Caranya adalah dengan melakukan sortir pada biji yang akan kita tanam. Carannya kita jemur dulu sampai biji kering kemudian kita masukkan kedalam air. Nah jika mengambang maka itu adalah biji pepaya jantan. Tapi jika tenggelam maka itu biji pepaya betina. Tinggal kita buang yang mengambang dan kita tanam biji pepaya yang tenggelam.

Lalu cara yang kedua dengan cara menusuk pangkal pepaya didekat tanah secara bersilang. Lebih jelasnya lihat di gambar.

Jika batangnya sudah berukuran 3 sampai 4 cm maka tusuk saja bagian pangkalnya dengan menggunakan pisau kecil sampai tembus dan secara bersilang.

Dengan begini maka pepaya yang kita tanam dari biji semai sendiri akan jadi pepaya betina semua dan nantinya akan mengjasilkan buah.
Baca Juga : Cara semai biji cempedak di polibag