Widget HTML Atas

Cara menanam anggur dengan memilih bibit yang berkualitas

Cara terbaik menanam anggur yang utama adalah memilih bibit yang berkualitas. Setelah di postingan sebelumnya kita membahas masalah iklim yang cocok untuk menanam anggur.

Nah sekarang kita akan membahas bagaimana pemilihan bibit yang kualitasnya bagus untuk di budidayakan. Bibit hasil dari indukkan yang berkualitas dan berbuah banyak maka nantinya bibit yang kita tanam akan sama dengan indukannya yaitu menghasilkan buah yang banyak juga. Tapi banyak yang tanam anggur tapi tidak mengetahui asal usul bibitnya dari mana dan apakah dulunya indukannya berbuah lebat atau tidak.

Maka dari itu kali ini kita akan membahasnya bagaimana memilih bibit anggur yang berkualitas.

gambar Cara menanam anggur dengan memilih bibit yang berkualitas.

Jika membeli di toko pembibitan maka pilihlah bibit stek yang berukuran panjang sampai 25 cm dan minimal ada 3 ruas. Nah untuk besarnya pilih batang yang besarnya diatas 1 cm atau diamerter nya diatas 1 cm. Kenapa harus seperti itu? Bisa kita pastikan kalo ukuran batangnya besar maka berasal dari pohon anggur yang sudah tua dan sudah berbuah banyak.

Pilihlah yang batangnya berwarna cokelat. Dan lihat pada tunasnya. Tunasnya terlihat besar dan menjalar tumbuh sangat subur. Jangan memilih yang tunas tunasnya tumbuh kecil.

Yang paling bagus adalah membelinya di penangkaran bibit anggut sendiri dengan begitu kita akan bisa melihat indukannya yang sudah berbuah untuk memastikan kualitas bibit yang akan kita beli. Bibit anggur yang bagus berusia diantara 4 sampai 5 bulan. Pilih pada bagian bawah batangya sudah banyak akarnya. Bisa kalian lihat pada bagian bawah dari polibag jika banyak akar yang menjalar keluar berarti akarnya lebat dan bisa kita pilih sebagai bibit untuk kita beli.

Baca Juga : Cara memperbanyak bakteri em4 dengan terasi