Skip to main content

Cara menanam dan manfaat daun sirih merah

Daun sirih merah itu gunanya untuk antiseptik kewanitaan seperti yang biasa ada diiklan2 tv. Membersikan daerah tersebut dan menghilangkan bau yang tidak sedap. Kalo jaman dahulu dipakai si mbah buat nginang.
Bisa juga kita pakai untuk menghilangkan bau mulut dengan cara dipakai berkumur2. Ambil saja beberapa lembar daun sirih kemudian rebus dengan air sampai mendidih. Setelah dingin bisa kita gunakan untuk berkumur kumur.


Cara pembudidayaan daun sirih merah ini bisa dengan cara stek dan cangkok. Jika ingin memproduksi bibitnya dalam jumlah yang banyak maka pilih dengan cara stek. Jika untuk bibit untuk di peluhara saja bisa dengan mencangkoknya.

Dalam waktu tidak sampai 1 bulan akar akan keluar dan siap ditanam ditempat yang baru. Oh iya tanaman sirih merah ini termasuk tanaman yang merambat jadi usahakan untuk menanamnya dekat dengan pagar atau bisa kita buat perambatanya dari bambu.

Media tanamnya cukup tanah dan kotoran kelinci saja sudah bisa buat daun sirih merah ini jadi lebat. Untuk penyiramannya bisa sekali saja dalam sehari yakni disore hari.
Oke selamat mencoba..