Skip to main content

Cara memperbanyak bakteri em4 dengan terasi

Keunggulan dari jenis bakteri ini bisa kita perbanyak sendiri dari biangnya ,dengan cara menambahkan beberapa prebiotik atau makanan bagi bakteri agar bakteri lebih banyak yang berkembang. Dengan begini para petani akan lebih untuk jika lahan pertanian yang digarapnya semakin luas sehingga bakteri yang ada di botol bisa diaplikasikan ke seluruh lahan.

Berikut ini cara untuk memperbanyak bakteri em4 

Bahan yang di perlukan

  1. Biang bakteri ambil 200 cc saja
  2. Terasi sebanyak 50 gr
  3. Gula merah sebanyak50 gr
  4. Air sebanyak 1 liter 
  5. Dedak sebanyak 0,5 kg

gambar Cara memperbanyak bakteri em4 dengan terasi

Cara pembuatannya adalah dengan merebus semua bahan di dalam panci kecuali bakterinya, ya  jangan direbus juga bakterinya nanti ikut mati dan proses perbanyakan bakteri jadi gagal.

Kemudian setelah semua bahan direbus , angkat dan diamkan saja sampai benar2 dingin baru kita lakukan penambahan bakteri, bisanya saya diamkan selama sehari semalam lalu besoknya bisa saya tambahkan bakterinya.

Oke selanjutnya adalah dengan menaruhnya di dalam wadah yang lain dengan menambahkan em4 nya sebanyak 200cc diamkan saja selama 1 minggu sambil kita lakukan pengadukan ditiap harinya,
Kalo saya karena hanya membuat sedikit saja saya biasa menggunakan wadah dari botol air mineral yang setengah literan.

Dan setelah 1 minggu perbanyakan em4 ini sudah bisa kita gunakan jangan lupa untuk menyaringnya agar ampasnya bersih, dan em4 yang sudah di perbanyak ini bisa langsung kita aplikasikan ke lahan.
Tambahan jangan menggunakan air dari pdam gunakan saja air dari sumur atau air dari sungai karena ada pengalaman ketika kami menggunakan air dari PDAM prosesnya malah gagal, mungkin karena kandungan laporit pada air PDAM membunuh bakteri. Ya walaupun sudah kita rebus sih, saya anjurkan pakai air sumur saja.