Skip to main content

Kapan sebaiknya memangkas ranting jambu madu hijau

Kapan sebaiknya memangkas ranting jambu madu hijau-Kenapa harus dipangkas...maka timbul pertanyaan didalam hati kecil ini..pemangkasan ranting jambu madu akan membuat batang bawah jambu tersebut lebih kuat dan juga daun akan lebih rindang. Pemangkasan juga akan membuat buah jambu madu akan lebih cepat berbuah di karenakan ranting dan cabang yang tidak produktif akan dipangkas dan di buang.sehingga nutrisi akan disalurkan ke bagian batang yang lebih produktif.

gambar Kapan sebaiknya memangkas ranting jambu madu deli hijau

 Terkadang kita juga melihat daun jambu yang bolong2 karena rusak dimakan ulat atau hama lainnya yang akan merusak penglihatan mata kita jika tanaman jambu madu berada di tambulampot depan rumah. Pemangkasan daun jambu jika tujuannya untuk pembuahan maka waktu yang paling tepat adalah 14 hari setelah pemupukan dengan pupuk P dan K. Lakukan pemangkasan pada ranting yang sudah tidak produktif lagi atau jika pohon jambu dalam pot terlalu tinggi dan kita kesulitan untuk mengontrol dahan2 yang letaknya tinggi tersebut maka pemangkasan bisa dilakukan pada bagian atas tanaman jambu madu.


Agar lebih pendek dan rindang. 2 minggu setelah pemangkasan maka akan muncul tunas-tunas baru disertai bakal bunga yang banyak. Fungsi pemabgkasan batang jambu madu yang lain adalah salah satunya selain untuk mempercepat proses pembungaan. Pemanagkasang juga akan membuat tumbuhnya ranting baru yang bisa kita seting bentuknya sesuai keinginan kita. Jika kita juga membuat pembibitan jambu madu delli maka entres bekas pemangkasan bisa kita gunakan untuk membuat bibit baru dengan cara stek. Jadi jika pemangkasan tujuannya untuk pembuatan bibit maka maka pangkaslah batang2 yang bagus agar nantunya bibit yang dihasilkan menjadi bagus pula seperti indukannya.


 Terkadang kita sayang untuk melakukan pemangkasan karena daun yang rimbun tanaman terlihat sehat dan sedap dipandang mata. Akan tetapi hal tersebut akan membuat batang bawah menjadi kecil yang akan berkibat jika waktu pembuahan maka rating yang kecil kecil tersebut akan patah karena beratnya buah jambu madu. Berbeda lagi jila dari awal sudah kita pangkas dan kita bentuk batang bawahnya menjadi besar maka patah batang ketika berbuah tidak akan terjadi. Jadi sebelum melakukan pembuahan pada tanaman jambu madu pastikan dulu batabg bawahnya kuat. tips untuk memasarkan jambu madu delli



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar