Skip to main content

Mengatasi kegagalan dalam turun cangkokan

Sebaiknya saat turun cangkok itu bibit hasil cangkokan jangan langsung ditanam dilahan. Kenapa?? Karena dia belum siap dengan lingkungan yang baru. Akarnya juga belum siap untuk menyerap nitrisi dari langsung. Kebanyakan malah akan mati jiki kita pindahkan langsung ke lahan.


Selesai pemotongan dari pohon indukan sebaikanya jangan langsung ditanam. Rendam dulu dalam larutan vitamin B1 untuk pertanian atau beli saja vitamin B1 untuk manusia harganya murah cuman sekitar 7 ribu. Hancurkan beberapa butir lalu campurkan ke air untuk merendam cankokan selama kurang lebih 1 hari.
Setelah itu biarkan cangkokan ditempat teduh dengan posisi akar cangkokan berada sedikit diatas sampai kira2 2 hari. Lihat perkembangannya akar lembut akan tumbuh dengan sendirinya walaupun sudah dipisahkan dari indukannya.


Setelah 3 hari kita bisa tanam di polibag tempat pembibitan. Polibag yg keta gunakan kecil saja karna tujuanya nanti akan di pindah ke lahan. Tanam di bolibag denga campuran tanam dekam dan kompos. Kemudian tempatkan di suasana yg teduh dan jangan terkena sinar matahari.

Setelah beberapa minggu akar sudah mulai kuat maka tanaman hasil cangkokan bisa kita pindahkan ke lahan yg terkena sinar matahari. Biarkan saja selama beberapa bulan nanti setelah akar sudah mulai banyak bisa langsung kita pindahkan ke lahan yang akan kita tanami.

Dengan cara seperti ini kegagalan dalam turun cangkok jarang terjadi.

Semoga bermanfaat..