Skip to main content

Beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk menghilangkan bau dan lalat pada kandang ayam pedaging

Dilingkungan saya dulu..kandang ayam kami didemo oleh warga beberapa tahun yang lalu dikarenakan polusi udara yang ditimbulkan karena bau kotoran ayam yang sangat menyengat dan menimbulkan banyak lalat..hal ini sangat sepele akan tetapi jika di biarkan maka akan berefek buruk bagi lingkungan sekitar kita maka dari itu berusahalah untuk mengurangi bau kotoran ayam di kandang ayam broiler kita. Cari tau kenapa bau kotoran ayam bisa sangat menyengat. Apa karena pola pakan yang salah atau pakan yang tidak dicerna secara sempurna oleh ayam.

Beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk menghilangkan bau dan lalat pada kandang ayam pedaging


Kotoran ayam yang bau itu dikarenakan banyaknya amoniak yang terkandung didalam kotoran ayam..amoniak ini berasal dari perubahan protein dalam pencernaan ayam. Semakin tinggin kadar protein pada suatu pakan maka kadar amoniaknya pada kotoran akan semakin tinggi. Pada pakan ayam yang beredar di toko kandungan proteinnya sangat beragam sekali. Bahkan ada pakan ayam yang berprotein sampai 17-23%


Sistem pencernaan ayam yang singkat membuat sebagian protein yang terkandung dalam pakan ayam terkadang tidak dapat dicerna secara sempurna oleh ayam. Maka dari itu akan ada sebagian kotoran ayam yang masih mengandung banyak protein. Nah kadar protein inilah yang disukai lalat untuk menaruh telur2nya. Juga nanti akan menjadi makanan larva lalat yang sangat bergizi. Dan sisi protein inilah yang akan menyebabkan bau,bahkan sangat bau sekali.



Dengan mempelajari penyebabnya maka kita akan bisa menagani masalah bau dan lalat ini. Memang untuk mengendalikan bau pada kandang ayam ini agak susah sebetulnya. Akan tetapi jika kita tau penyebabnya maka cara penagulangannya akan semakin lebih efektif..jika sampai salah dalam ambil tindakan tentu ini akan menimbulkan kerugian waktu dan juga biaya. Pasalnya penyebab bau dan lalat pada kandang ayam banyak sekali faktor penyebabnya.

Ada berbagai penyebab serangan lalat pada kandang broiler, diantaranya :
Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi kandang ayam kita jadi bau sangat menyengat. Yang pertama lingkungan kandang yang tidak dijaga kebersihannya. Banyak bangkai ayam yang dibiarkan begitu saja tanpa dikubur maka akan banyak mengundang lalat. Solusinya adalah kita sediakan satu kolam lele untuk menangani bangkai ayam yang mati sebagai makanan ikan lele.

Komdisi kandang ayam yang lembab juga akan mudah menyebabkan bau dikarenakan bakteri dan jamur mudah berkembang pada fase lingkungan yang lembab.

Ayam banyak yang sakit. Salah satu indikasi banyak ayam yg sakit adalah kotorannya yang bau dikarenakan Ayam yang sakit percernaanya agak kurang stabil sehingga masih banyak protein dan amoniak dalam kotorannya.

Pakan yang tumpah dan tidak termakan ini juga bisa menjadi salah satu biang kerok kenapa kandang ayam kita bisa menjadi bau yang sangat menyengat. Apalagi jika sudah bercampur air dan kondisinya sudah menjadi lembab maka bakteri dan jamur akan mudah berkembang dan akhirnya akan meninbulkan bau.

Terkadang para peyernak ayam selalu dan selalu apalagibjika musim penghujan akan dibuat pusing oleh serbuan lalat pada kandang ayam nah berikut ini beberapa solusi unruk mengatasai serbuat lalat pada peternakan ayam broiler kita.

Gunakan selalu probiotik yang akan membantu proses penguraian protein pada pakan ayam agar mudah diserap oleh pencernaan ayam itu sendiri. Biasanya para peternak ayam hanya menambahkan probiotik ini kedalam minumnya saja. Akan tapi jarang yang melakukan fermentasi ke pakannya dengan mengunakan probiotik pengurai protein menjadi asam amino. Bayangkan jika ayam kita maka dengan makanan yang gizinya tinggal diserap usus saja tanpa di proses dulu. Tentu ini akan mengurangi kotoran ayam yang bau dan bobot dan pertumbuhan ayam akan menibgkat dengan sangat signifikan. Saya menyebutnya adalah fermentasi diluar perut si ayam. Lebih detail tentang ini akan kami jelaskan pada artikel selanjutnya.

Banyak ramuan tradisonal seperti empon2 atau berbagai rempah yang ada diindonesia yang sering kita gunakan sebagi bumbu dapur sebenarnya juga mengandung berbagai bakteri pemecah protein. Dan ini pastinya akan mempercepat proses pertumbuhan ayam peliharaan kita.

Untuk membunuh atau mencegah telur lalat menjadi larva maka kita bisa menebarkan zeolit diatas permuakaan kotoran ayam itu sendiri. Taburkan tipis saja namun merata diatas tumpukan kotoran.lakukan ini setiap hari di pagi hari. Alas kandang yang paling bagus adalah bambu yang mana kotoran bisa lansung jatuh ketanah. Oh iya jangan membersihkan alas bambu dengan menyemprotnya dengan air. Ini akan membuat kotoran yang ada di bawah menjadi lembab dan bau. Jangan lupa untuk mencuci perlenglapan minum dan wadah pakan ayam setiap hari setiap kita akan mengunakànnya.

Gunakan penyemprotan dengan designfektan pada kandang agar bisa membunuh dan juga menghilangkan bau kotoran pada kandang ayam pedaging kita


Lalat biasanya akan menyukai tenpat2 yang banyak mengandung bau akibat penguraian protein dan sebagainya seperti bangkai dan kotoran ayam yang mana keduanya sangat tinggi akan kandungan protein yang membusuk maka dari itu usahakan selalu agar kandang broiler kita selalu terjaga kebersihannya dan terhindar dari serangan lalat yang menyukai bau kotoran ayam. Jangan sampai banyak lalat yang berdatangan kekandang kita. Jika itu terjadi maka itu merupakan indikator kalau manajement kandang kita buruk sekali.


Langkah diatas hanyalah langkah pencegahan untuk mengurangi jumlah populasi lalat dikandang kita jika cara diatas tidak mampu mengurangi dan mengatasi populasi lalat maka jurus terakhir yang bisa kita gunakan afalah dengan memakai obat maupun racun lalat u├▒tuk membunuhnya.


Jangan lupa membasmi larva lalat jika itu sudah terlihat terlalu banyak.sama saja jika kita membasmi indukannya setelah itu larva2 tadi apabila tidak kita basmi maka akan menjadi telur dan menetas menjadi lalat lagi dan ini akan membiat pervuma langkah pencegahan yang tadi kita lakukan. Sekian semoga tips diatas bermanfaat untuk membantu para peternak ayam diseluruh indonesia.