Widget HTML Atas

Cara penyemaian bibit anggur dengan cara stek batang sendiri

Jika kalian sulit mendapatkan bibit anggur dari penangkaran kalian bisa membuat bibit anggur sendiri dari batang yang kalian minta di tempat yang punya tanaman anggur yang berbuah lebat. Dengan cara stek ini kita akan mendapatkan bibit anggur yang sama dengan kualitas indukannya.

Berikut cara penyemaian bibit dari batang yang kita ambil dari pohonnya.

gambar Cara penyemaian bibit anggur dengan cara stek batang sendiri

Siapkan media tanah yang gembur dan berpasir campurkan beberapa tanah berpasir dan juga kompos yang sudah matang kemudian masukkan kedalam polibag. Jika sudah maka masukkan bibit anggur yang akan kita tanam kedalam polibag. Ukuran polibag menyesuaikan saja. Jika ukurannya kecil otomatis kita harus terus menerus menyirami karena pasti media akan mudah kering. Pilihlah ukuran polibag yang sedang. Tidak terlalu kecil dan tidak juga terlalu besar. Jika terlalu besar maka akan banyak media yang harus kita siapkan.

Kalian juga bisa menambahkan bawang merah. Dioles oleskan saja pada bagian batang yang ditanam ditanah supaya akar dari batang anggur yang distek segera mengeluarkan akar.

Tinggal kita pindahkan ditempat yang teduh seperti dibawah pohon atau tempat yang lainnya. Lakukan penyiraman setiap pagi dan sore hari jaga terus kelembabannya dan tinggal kita rawat saja maka selama kurang lebih 2 bulan bibit anggur akan muncul tunas dan akar yang kuat. Dan setelah ini bisa kita pindahkan ke lahan atau ke pot yang lebih besar. Jika kita ingin menanamnya sebagai tanaman tambulampot.

Baca Juga : Pohon buah jambu madu kuntet dan tidak tumbuh.