Skip to main content

ESSEN UNTUK MANCING IKAN DI SUNGAI

essen untuk mancing ikan di sungai,apa sih itu essen, para pacingmania pasti sudah sangat familiar dengan kata essen, akan tetapi bagi pemula seperti saya mungkin belum paham dan mulai mencari informasinya di google, nah essen adalah senjata utama para pemnacing ikan baik itu ikan air tawar atau para galatama. banyak yang sukses dalam memancing ikan dengan mengunakan essen ini. esses adalah aroma tapi bentuknya berupa cairan yang bisa kita tamabahkan keracikan pakan  atau umpan yang disukai ikan, jadi tergantung jenis ikan apa yang kita pancing maka jenis atau aroma essen juga berbeda-beda.

ESSEN UNTUK MANCING IKAN DI SUNGAI

aroma pada essen akanmemberi sinyal dari aroma yang dihasilkan sehingga akan memeberikan sinyal terhadap ikan dimana keberadaan umpan, contoh seperti ketika ada aroma darah maka jenis ikan pemangsa seperti hiu akan memiliki insting untuk mendekati sumber aroma darah tersebut.

*SUMBER : pixabay.com

jadi setiap ikan memiliki indra penciuman, hahaha entah bagaimana wujudnya pokoknya gitu deh..nah aroma dari essen akan merangsang indra tersebut untuk menuntunnya kearah umpan kita yang proses pembuataanya sudah kita campurkan dengan essen.

aroma essen ini beraneka ragam sekali ada yang beraroam amis, ada juga yang wangi seperti parfum, ada yang berarima lumut, ada yang beraroma buah buahan nah ternyata masing masing ikan memiliki kesuakaan terhadap aroma yang berbeda-beda jadi tingal kita sesuaikan saja jenis ikan apa yang akan kita pancing.

nah dengan adanya penembahan essen amaka ikan ikan yang semuala malas untuk makan mulai berbafsu untuk memakannya, maka dari itu essen sangat efektif untuk meningkatkan kadar umpan yang kita gunakan.

jika kita membuat racikan umpan misalnya dari cacing lumut atau pelet ikan dan tepung aci, biasanya aromanya kurang begitu bisa dirasakan ikan, ikan hanya mau maka jika lokasinya dekat dengan umpan dan bisa merasakan baunya, akan tetapi jika kita menambahkan essen maka aroma ini akan di cium olah ikan dari jarak yang jaun dan dengan sendirinya akan mendorong insting ikan tersebut untuk mencari keberadaan ikan.

fungsi essen

fungsi lain dari essen adalah sebagai senjata untuk mengumpulkan ikan di tempat yang kita inginkan tinggal kita campurkan dangan bahan pakan ikan seperti pelet, kemudia kita sebar di tempat yang kita inginkan maka ikan akan berkumpul ditempat tersebut.

*sumber : fin-atics.com

nah pemberian essen pada umpan pancingan kita bisa menambah nafsu makan ikan, jadi jika ada ikan yang mogok maka maka setelah mencium bau essen pada umpan maka akan membuat seolah olah pakan yang sudah dicampur dengan essen akan menjadi seperti pakan alami mereka dialam liar. tetapi adajuga penelitian dari ahli yang membuat essen ini bahwa kebanyakan ikan memakan umpan yang di beri aroma essen ini karena penasaran lalu dimakan dan terpancinglah oleh kita.

essen bisa kita gunakan dalam musim apapun dan segala kondisi cuaca apapun, banyak ikan yang hidup disungai , rawa-rawa dan sebaginya jika musim dingin tiba amaka mereka akan terkena sindrome mogok untuk makan umpan kita, atau jika udara atau suhu terlalu panas pun sama, jadi tinggal pilih jenis essen yang dibutuhkan pada kondisi cuaca yang diinginkan.