Widget HTML Atas

Pengolahan lahan yang baik supaya hasil anggur yang ditanam berbuah maksimal

Setelah bibit siap dipindahkan ke lahan maka sebelum melakukan penanaman sebaiknya mengolah lahan dahulu. Tapi saya tidak ada lahan untuk menanam anggur? Tidak usah khawatir penanaman anggur bisa menggunakan planterbag bagi mereka yang tidak punya lahan akan tetapi punya keinginan menjadi petani anggur. Cuma dengan planterbag kita haru melakukan penyiraman setiap hari tapi tidak perlu khawatir karena penyiraman bisa dilakukan dengan memasang drip irigasi.jadi tinggal buka kran saja semua tanaman bisa langsung diairi.

Planterbag yang ideal bisa pakai ukuran 60 atau pakai yang langsung ukuran 75 biar nanti tidak perlu mengganti lagi.

Berikut ini proses pengolahan lahan untuk ditanami bibit anggur.

Kita gunakan cangkul untuk menggemburkan lahan yang akan ditanami. Tapi terlebih dahulu bersihkan gulma dan rumput jika ada dengan menggunakan sabit. Kalo bisa kita lakukan pengecekan ph dari tanah yang kita akan tanami anggur bisa menggunakan ph meter atau kertas lakmus atau menggunakan kunyit. Silahkan pliih salah satu. Tutorialnya pun sudah ada di blog ini. Silahkan cari di postingan sebelumnya.

gambar Pengolahan lahan yang baik supaya hasil anggur yang ditanam berbuah maksimal

Jika memang hasil menunjukkan derajat keasaman di bawah 7 maka kita bisa melakukan pengapuran dengan menambahkan kapur dolomit. Setelah prose pengapuran selesai biarkan saja selama kurang lebih satu hari kemudian bisa kita buat bedengan dengan lebar 140 cm dan ketinggian 40 cm. Untuk lebarnya sesuai dengan lahan yang akan kita gunakan.

Selanjutnya buat lubang tanam. Jarak antar bibit sebaiknya diatas 1 meter agar antara bibit satu dengan yang lain tidak terlalu berebutan nutrisi. Diamkan saja selama 2 minggu baru anti kemudian kita tanam bibit anggurnya.

Bibit anggur yang kita gunakan harus berumur minimal 2 bulan dari umur penyetekan diawal. Jumlah daunnya banyak dan perakaran nya sudah kuat agar bisa segera beradaptasi dengan kondisi di lapangan. Tinggal kita tanam saja pada lubang yang sudah kita buat kemudian timbun dengan campuran tanah dan kompos yang sudah matang.

Jika sudah tinggal kita rawat saja sampil mempersiapkan bahan untuk perambatannya. Karena tanaman anggur merupakan tanaman yang merambat.

Baca Juga : Cara membuat pupuk bokhasi dengan bantuan bakteri em4