Widget HTML Atas

Cara membuat buah pisang dan mangga cepat matang

Cara pematangan pisang yang kami gunakan biasanya menggunakan karbit, kalo zaman dahulu belum ada karbit kami biasa menggunakan daun lamtoro, tetapi di sini sudah jarang sekali yang melakukan proses pematangan untuk buah pisang misalnya.

Karena biasanya selesai menebang dari lahan kami bisanya hanya mendiamkan saja sampai akhirnya matang, kecuali kalo memang mau ada yang pesan contohnya ada untuk acara hajatan atau ada pedagang dari pasar yang ingin memesan sedangkan yang di pohon belum siap dan harus disiapkan pada hari tertentu, maka kita harus mempercepat proses pematangan dengan cara di karbit,


Kali ini kami tidak akan membahas proses pematangan dengan karbit, karena proses pematangan buah dengan karbit memiliki rasa yang berbeda dengan proses pematangan dengan daun lamtoro, waktu yang di perlukan untuk mematangkan buah pisang ini adalah sekitar 4 hari. Saya biasa membawa buah mangga dari ponorogo untuk di bawa ke jakarta karena banyak saudara kami yang tinggal di jakarta dan sekitarnya, nah saat proses pakcking tidak lupa kami melapisinya dengan daun lamtoro agar buah mangga yang masih mentah ketika 3 hari sampai sana posisinya sudah matang dan siap untuk dinikmati.
Langkahnya adalah sebagai berikut ini


  1. Siapkan buah yang akan kita buat matang, bisa pisang atau mangga
  2. Lalu siapkan daun lamtoro secukupnya sesuai jumlah buah yang akan kita metangkan
  3. Lalu siapkan kardus untuk tempat pematangan, sekalian kita packing jika buahnya akan di kirim keluar kota
  4. Kemudian lapisi semua buah dengan daun lamtoro sampai disela2 buah juga.
  5. Kemudian tutup rapat semuanya bisa langsung kita lakban jika ingin dikirim akan tetapi kalo tidak bisa kita tutup dengan karung lalu tunggu sampai 4 harian maka buah akan masak dengan sendirinya.
Kalo sudah masak maka buah akan terasa empuk kalo kita pencet . siap diangkat dan dicicipi rasanya.
Baca Juga : Pupuk untuk optimalisasi produksi padi