Cara membuat pupuk bokhasi dengan bantuan bakteri em4

Nah setelah sebelumnya kita sudah berhasil mengembangkan pupuk bakteri dari em4 maka selanjutnya kita bisa menggunakannya untuk membuat pupuk bokhasi

Bahan yang kita perlukan adalah air untuk membuat media menjadi lembab dan jangan lupa tambahkan air dengan bakteri perbanyakan dengan dosis 1 liter air ditambah dengan bakteri sebanyak 10 cc kemudian ditambah dengan molase  dan aduk rata, untuk molasenya bebas.


Bahan yang bisa kita pakai untuk membuat pupuk bokashi diantaranya adalah semua jenis kotoran hewan mulai dari kotoran kambing, kelinci, sapi , ayam, bisa ditambah juga dengan serbuk gergaji atau limbah dari pembudidaya jamur, sekam padi juga bisa kita tambahkan semuanya aduk merata dengan tambahan air yang sudah di tambahkan bakteri tadi.

gambar Cara membuat pupuk bokhasi dengan bantuan bakteri em4

Kemudian buah bahan yang sudah kita aduk rata ini dengan membuat gundukan dan tutupi dengan terpal sampai 4 hari, pada hari kelima kita bongkar lagi dan aduk-aduk kembali agar gas yang dihasilkan bisa keluar lalu tutup lagi selama 3 hari. Hati-hati saat membongkar media karena suhu bisa mencapai 80 derajat C.

Setelah itu tutup kembali dan biarkan saja selama 3 hari. Setelah itu bisa kita bongkar dan diangin-angikan dan siap langsung diaplikasikan ke tanaman atau di masukkan kedalam wadah untuk disimpan.
LihatTutupKomentar