-->

Pohon buah jambu madu kuntet dan tidak tumbuh.

Ini yang terjadi kepada buah jambu yang saya tanam di pot atau planterbag. Pohon buah jambu tapi posisinya tidak subur alias kuntet tapi masih mau berbunga dan buahnya masih manis. Akan tetapi yang tidak didalam pot atau yang saya tanam ditanah semua dalam kondisi normal tapi memenag agak telat dalam berbuahnya.

Usut punya usut saya bongkar medianya ternyata medianya panas akarnya sebagaian ada yang rusak dan ini yang jadi penyebab kenapa jambu madu saya tidak bisa tumbuh dan tetap kerdil atau kuntet. Akarnya rusak kalo kesimpulan saya akarnya rusak karena media yang masih panas atau artinya kompos yang kita gunakan masih belum matang dan mengandung amoniak. Ini dari kesimpulan saya. Akan tetapi dari teman2 yang lain ketika saya bertanya pohon jambu tersebut perakarannya terserang oleh hama berupa jamur yang menyerang akar sehingga proses penyerapan nutrisi oleh akar mulai terganggu dan akhirnya pohon jadi kuntet. Berapapun pupuk yang diberikan jika penyerapan oleh akarnya tidak maksimal maka ini juga akan sia2.

Solusinya cuman satu yaitu cabut dan buang media kemudian tanam dengan tanaman yang baru lagi. Yach sayang baget padahal sudah sering berbuah. Akhirnya saya buat inisiatif sendiri saya cabut kemudian saya cuci akarnya dan saya gunting sebagian akarnya yang sudah agak kelihatan kering lalu saya rendam kedalam air ditamabah larutan vitamin B1. Dan kemudian saya tanam ditanah.

Hasilanya baru satu minggu ditanam muncul tunas2 baru lagi. Dan semoga bisa tumbuh subur tidak kuntet atau kerdil lagi.
LihatTutupKomentar