Skip to main content

Apakah jerawat bisa sembuh dengan sendirinya

Jerawat saat ini sudah tergolong sebagai parasit untuk kaum wanita. Permasalahan kulit wajah yang satu ini memang terdengar sepele, akan tetapi dengan keberadaanya akan sangat mengganggu dan bisa membuat orang yang mengalaminya merasa sangat jengkel. Mitos nya, biasanya yang menjadi sasaran empuk adalah para remaja. Padahal yang mengalami masalah dengan jerawat tidak hanya kaum remaja saja, dan sebenarnya jerawat pun tidak hanya di alami oleh wanita, bahkan laki-laki juga kerap mengalami hal serupa. Namun wanita lah yang lebih dominan sering mengalami permasalahan jerawat ini, apalagi saat akan memasuki fase menstruasi. Tiba-tiba tumbuh satu jerawat, setelah itu dua lalu sembuh dan kemudian kambuh lagi. Ketika sensitifitas wanita bertambah pesat saat menstruasi, akan lebih cepat untuk di buat stress karena benjolan kecil menyebalkan ini.

Gambar Apakah jerawat bisa sembuh dengan sendirinya

Hingga akhirnya banyak sekali orang yang berusaha melakukan berbagai macam hal demi untuk menghilangkan jerawat. Mulai dari melakukan pembersihan rutin di area wajah secara pribadi, melakukan perawatan-perawatan rutin dengan bahan-bahan alami, hingga melakukan perawatan wajah secara medis. Semua hal tersebut di lakukan hanya untuk mencapai satu tujuan, yaitu agar jerawat bisa hilang dan terhempas dari kulit wajah. Namun jika anda termasuk orang yang malas untuk membersihkan wajah dan tidak memiliki budget khusus untuk melakukan perawatan rutin di klinik kecantikan bisa kah jerawat akan hilang dengan sendiri hanya dengan di diamkan saja?

Dalam ilmu fisiologi di jelaskan bahwa kulit memiliki kelenjar keringat dan kelenjar minyak. Meskipun kedua nya memiliki sifat yang berbeda, namun kedua nya memiliki fungsi yang sama yaitu berfungsi untuk mengeluarkan benda serta zat-zat berbahaya bagi tubuh dan akan di keluarkan melalui pori-pori kulit. Nah lalu bagaimana sebenarnya sifat dari kelenjar minyak maupun kelenjar keringat itu sendiri?

Kelenjar minyak memiliki sifat untuk melembabkan kulit secara alami, dan juga untuk memberikan kesan kilau pada rambut. Dengan adanya kelenjar minyak ini akan membuat kulit terhindari dari kekeringan yang akan mengakibatkan kerusakan pada lapisan kulit. Namun dengan banyak nya minyak yang di produksi oleh kelenjar minyak, justru akan menyebab kan kotoran dan debu menempel pada permukaan kulit dengan mudah. Yang nanti nya akan menyebabkan kulit menjadi kusam.

Kelenjar keringat sendiri memiliki sifat yang mengeluarkan cairan bening dari tubuh saat cuaca sedang panas atau suhu badan sedang meningkat karena aktivitas sehari-hari. Dengan keluarnya keringat dari dalam tubuh ini sebagai cara untuk membantu menyeimbangkan cairan di dalam tubuh. Dengan keluarnya keringat dari dalam tubuh akan membantu membersihkan pori-pori kulit dari komedo, bakteri dan kotoran yang menyumbat.

Lalu apa kaitan dari kedua kelenjar tersebut dengan jerawat serta cara menghilangkan jerawat?
Kedua kelenjar ini sangat memiliki kaitan karena pada dasarnya jerawat sendiri bermula akibat faktor hormonal dan pori-pori pada kulit (bagian wajah) yang tersumbat. Dan yang menyumbat pori-pori kulit ini sendiri adalah debu, kotoran dan minyak berlebih yang di hasilkan oleh kedua kelenjar tersebut. Jadi apabila ada pertanyaan yang mengatakan apakah jerawat bisa hilang dengan sendiri nya dan jawabannya adalah bisa. Namun dengan membiarkan jerawat agar sembuh dengan sendirinya akan memerlukan waktu berhari-hari hingga berbulan-bulan. Dan jika hal ini di lakukan, di khawatir kan justru jerawat bukan nya akan sembuh, namun malah akan berkembang biak dan jika pun hilang justru akan menimbulkan bekas berupa noda hitam.

Biasanya, jerawat akan mulai mereda jika di obati dengan obat oles yang bisa anda di beli di apotek terdekat yang sesuai dengan jenis kulit anda. Namun jika hal tersebut tidak kunjung bekerja, mulai konsultasikan permasalahan jerawat anda dengan dokter kulit yang anda percayai. Kemudian, biasanya dokter akan memberikan resep serta cara lain untuk atasi jerawat seperti menyarankan anda untuk mengonsumsi obat dalam (yang di telan) untuk mengontrol jerawat yang muncul dari dari dalam tubuh.

Namun jika hal tesebut sudah anda lakukan namun jerawat masih seperti hantu yang kadang hilang dan kadang datang, cobalah cara alternatif untuk atasi jerawat dengan menggunakan bahan-bahan alami yang anda racik sendiri, namun dengan catatan harus mengutamakan ke bersihan dan kesterilan bahan yang akan anda gunakan. Jangan pernah sekalipun memencet jerawat yang sedang meradang, karena dengan memencet jerawat justru hanya akan membuat permukaan kulit menjadi rusak dan akan meninggalkan bekas luka. Dan  jangan pula terbujuk jika ada yang mengatakan menggunakan uap panas akan membantu mengecilkan jerawat. Karena dengan menggunakan bantuan uap panas justru akan membuat tubuh anda berkeringat, dan dari keringat tersebut justru akan memperparah keberadaan jerawat anda.

Salah satu cara terbaik untuk menangani jerawat yang sedang muncul adalah dengan mencuci bersih wajah pada pagi dan malam hari, catatan jangan terlalu sering mencuci wajah karena itu justru akan membuat jerawat anda semakin meradang. Lalu setelah anda memcuci wajah, pastikan wajah anda kembali kering dengan menepukan handuk secara lembut pada wajah. Pada saat anda mencuci wajah, akan lebih baik lagi jika anda menggunakan sabun wajah yang mengandung benzoyl peroxide, salicylic acid dan sulfur atau belerang. Dengan menggunakan sabun wajah yang mengandung tiga kandungan tersebut di percaya akan membantu mengempeskan jerawat dengan cepat. Seletah itu, anda bisa menambahkan dengan mengoleskan cream khusus untuk kulit berjerawat yang memiliki kandungan serupa dengan facial wash yang anda gunakan. Yaitu mengandung benzoyl peroxide atau salicylic acid.

Baca juga : Rekomendasi cream untuk menghilangkan bekas jerawat

Santai saja, jangan di bawa stress saat menangani masalah jerawat, karena logikanya bahwa stress memiliki dampak buruk bagi tubuh termasuk pada kulit. Maka ada baiknya jika selama mengalami masalah jerawat pada wajah anda menghindari terlalu banyak bercermin untuk sementara waktu, karena jika nanti anda stress dan yang mengakibatkan jerawat tidak kunjung hilang dan akan terus membuat jerawat-jerawat yang lain ikut bermunculan. Alhasil anda akan mendapatka PR dobel, yaitu untuk membersihkan jerawat sekaligus dengan bekas jerawatnya.

Semoga bermanfaat~