Skip to main content

Kriteria cincin pertunangan untuk pria

Letak serta makna cincin dalam sebuah ikatan janji suci merupakan satu hal terpenting yang harus anda persiapkan saat akan menggelar sebuah pernikahan atau pun prosesi pertunangan yang akan anda gelar dengan orang yang anda cintai. Bagi sebagian orang, cincin adalah salah satu simbol atau bagian “sakral” yang wajibnya di gunakan oleh kedua orang yang telah resmi menyandang status dalam pertunangan maupun pernikahan, serta sebagai bukti bahwa mereka yang menggunakannya telah “di ikat”. Oleh karena itu, tentu saja untuk memilih model dan bentuk cincin pernikahan sangat lah harus selektif dan memilih cincin yang senyaman mungkin untuk di gunakan sehari-hari bukan?

Kebanyakan orang menjatuhkan pilihan untuk membeli cincin pernikahan dengan model simple agar tidak mengganggu saat anda gunakan setiap hari. Akan tetapi, untuk sekedar memilih cincin pernikahan dan pertunangan yang di rasa sepele ini ternyata tidak semudah itu loh. Belum lagi untuk kaum pria yang harus memilihkan cincin untuk pasangannya. Bahkan untuk memilih untuk dirinya sendiri pun terkadang masih sering mengalami kesulitan.

gambar Kriteria cincin pertunangan untuk pria
*sumber : pixabay.com

Cincin pernikahan yang di lengkapi dengan aksen mewah memang terkadang terlihat sangat menarik dan berkesan di mata banyak orang. Memilihkan cincin yang di hiasi menggunakan batu berlian pastinya akan terlihat mempesona jika di kenakan di jari manis orang yang anda sayang di hari spesial kalian, tapi apakah anda yakin jika cincin yang anda pilihkan tersebut akan di sukai oleh pasangan anda atau justru membuat mereka merasa tidak nyaman untuk menggunakannya setiap hari.

Naah buat anda yang sedang bingung mencari cincin yang tepat untuk pernikahan atau pertunangan, ada beberapa tips menarik yang wajib anda simak, berikut ini:


Pilih ukuran dan model cincin yang tepat
Utamanya, pilih lah ukuran lingkar cincin yang pas dan sesuai dengan ukuran jari anda beserta pasangan anda. Jatuhkan pilihan anda pada ukuran dan model senyaman mungkin untuk di kenakan. Pilih lah pula bentuk cincin dengan aksen dan model yang simple namun tetap terlihat indah saat di kenakan. Pilihlah model cincin yang senada (couple) dengan pasangan anda. Dengan otomatis, model cincin itu akan lebih netral dan simple karena yang anda kenakan dengan pasangan anda sama. Jangan pilih cincin dengan aksen aksesoris berlebihan seperti penambahan jenis batu-batuan yang berukuran besar, karena justru akan menimbulkan rasa tidak nyaman saat di gunakan sehari-hari. Selain itu juga, aksen pada cincin yang terlalu besar cenderung lebih rentan lepas dan hilang.

Untuk memilih model cincin pertunangan sebaiknya gunakan cincin memiliki permukaan mayoritas yang polos. Bila anda masih ragu untuk memilihkan, tanyakan kepada pasangan anda bagaimana model yang dia inginkan. Tetapi apabila pertunangan itu merupakan sebuah kejutan untuk pasangan anda, anda bisa memperhatikan sejak dini bagaimana pasangan anda saat mengomentari cincin yang dia lihat saat ada salah satu teman nya yang bertunangan atau pun menikah. Pahami juga karakteristik pada cincin yang akan anda beli dan berikan kepada pasangan anda.

Cermat dalam memilih komponen pada cincin pertunangan anda
Apabila saat anda sudah memutuskan untuk segera melamar kekasih anda dan mulai untuk membeli cincin pertunangan dengan pasangan anda, pastikan terlebih dahulu bahwa anda sudah mempunyai bekal untuk menentukan model yang akan anda beli untuk pasangan anda beserta anda sendiri. Serta pastikan anda juga mengetahui jenis-jenis komponen yang terkandung di dalam calon cincin pertunangan anda agar lebih mudah untuk mendapatkannya. Karena seperti kita ketahui bahwa ada banyak sekali jenis-jenis komponen yang di gunakan untuk membuat perhiasan yang salah satunya adalah cincin.

Ada yang berbahan dasar emas namun dengan kandungan karat yang hanya sedikit, ada yang dari bahan dasar emas yang hampir murni, ada pula yang berbahan dasar titanium. Nah, jika untuk anda (pria) gunakan saja cincin yang memiliki bahan dasar titanium atau non emas. Karena selain memang untuk lelaki tidak di perbolehkan menggunakan perhiasan emas, ada baiknya juga bukan untuk budget lain yang bisa anda gunakan atau bisa anda tambahkan untuk cincin pasangan anda dengan kadar emas yang lebih tinggi hehe

Tentukan budget yang akan anda gunakan untuk membeli cincin
Untuk harga sepasang cincin pertunangan maupun pernikahan memang tidaklah murah. Untuk model serta harga nya pun sangan fariatif. Oleh sebab itu, ada baiknya apabila anda terlebih dulu membatasi budget untuk pembelian cincin pertunangan tersebut. Karena mengetahui berapa banyak uang yang akan anda gunakan untuk membeli cincin pertunangan sangatlah penting.

Hal tersebut tidak akan membuat anda menjadi terlilit hutang hanya sekedar untuk memberikan cincin pasangan anda. Gunakan waktu anda dari jauh-jauh, sekitar 2-3 bulan sebelum anda memutuskan membeli cincin untuk menentukan budget pembelian. Jika anda sudah mengetahui anggaran dari jauh-jauh hari, mungkin anda akan bisa menyesuaikan dengan segala aspek dan berkesempatan untuk mencari potongan harga saat akan membeli.

Mendapatkan restu orang tua
Hal yang paling terpenting untuk sebuah pertunangan adalah restu dari orang tua kedua belah pihak, percuma saja jika anda sudah mempersiapkan segala sesuatu untuk pertunangan namun nyatanya tak mendapatkan restu dari kedua orang tua. Semua akan berakhir sia-sia. Sebelum anda memutuskan untuk meminta restu orang tua, terlebih dulu anda ajak bicara pasangan anda. Apakah dia sudah cukup siap atau yakin jika anda akan segera melamarnya.

Jangan sampai terjadi miss komunikasi saat anda sudah mulai merencakan hal besar untuk hari spesial anda. Setelah itu, kemudian anda sudah bisa mulai meminta restu kepada orang tua anda untuk melamar kekasih anda. Kemudian langkah awal anda adalah untuk meminta restu kepada kedua orang tua kekasih anda, dan utarakan bahwa anda memiliki niat untuk segera melamar anak mereka.

Nah, bagaimana? Apakah anda sudah membulatkan tekat dan niat untuk sesegera mungkin melamar kekasih anda? Untuk anda yang sudah berniat namun masih suka bingung untuk urusan cincin, semoga artikel ini menjadi pembuka jalan untuk anda mempermudah memilihkan cincin untuk acara terbaik di hari besar anda. Semoga bermanfaat~

baca juga :  menghadapi ujian dalam 1 tahun pernikahan