Skip to main content

Mengapa kita dianjurkan untuk berjemur di pagi hari

industrikelinci.com-berjemur di pagi hari banyak dilakukan oleh para lansia atau juga para ibu yang menjemur bayi mereka di bawah sinar matahari pagi. banyak sekali manfaat kesehatan yang akan kita peroleh.
berikut ini beberapa manfaat kesehatan yang akan kita peroleh jika kita sering berjemur dibawah sinar mentari pagi.

ingat sinar matahari ultraviolet sangat berbahaya sekali bagai kesehatan kulit, mungkin terlau banyak terpapar sianar UV akan menyebabkan kita terserang penyakit kanker kulit. akan tetapi jika jumlah sinar matahari yang terkena kulit kita dalam jumlah yang terbatas maka ini kan memilik manfaat yang bagus bagi kesehatan manusia. terlebih lagi jika ;sinar matahari di pagi hari.

ketika di pagi hari kita terkena sinar matahari bagaian kulit kita yang tidak tertutup pakaian maka pigmen pada kulit kita yang biasa disebut melanin akan menyerap sinar UV dan akan disimpan kemudian akan diproses menjadi hormon oleh hati, dan anatinya akan digunakan untuk pembentukan vitamin dan fungsi tubuh lainnya.

Memproduksi vitamin D

vitamin D bisa dihasilkan dari paparan sinar mentari di pagi hari, bahkan mungkin sebagian vitamin D yang ada didalam tubuh kita dihasilakan dari paparan sinar matahari ketika kita sedang beraktifitas diluar rungan setiap hari. ya walaupun ada sebagaian makanan yang kita konsumsi juga mengandung beberapa kandungan vitamin D seperti daging, jamur, biji-bijian susu dan suplemen lainnya. akan tetapi vitamin D yang bersal dari sumber makanan jumlahnya sangat sedikit dibandingkan dengan yang berasal dari cahaya sinar matahari. kulit kita yang terkenan paparan sinar matahari akan menghasilkan vitamin D yang jauh lebih efektif manfaatnya bagi tubuh seperti untuk :

gambar Mengapa kita dianjurkan untuk berjemur di pagi hari


  1. membantu proses penyerapan kalsium
  2. memebantu sistem kekebalan tubuh
  3. dapat memperkuat kondisi tulang
  4. dan masih banyak lagi

akan tetapi itu tidak berati jenis vitamin D yang berasal dari makanan tidak memiliki fungsi.

Mengurangi resiko terkena penyakit kanker

Dengan kulit kita yang terkena cahaya sinar matahari di pagi hari karena vitamin D dari sinar matahari akan membatu mengurangi resiko terkena kanker. selain itu banyak penelitian menunjukkan bahwa banyak hubungan antara sinar matahari, vitamin D dan penyakit kronis pada tubuh manusia.
diantaranya adalah

Baca juga : Langkah-langkah untuk memulai pola hidup yang sehat

  1. diabetes tipe 2
  2. inveksi baik dari virus ataupun bakteri
  3. hipertensi
  4. penyakit jantung
  5. asma

Banyak studi yang dilakukan dan menunjukkan bahwa vitamin D yang berasal dari sinar matahari bisa mencegah penyakit asma, atau penyakit lainnya yang terkait dengan kardiovaskular. dan dengan mengambil vitamin D dari cahaya matahari di pagi hari pada intinya akan memperkuat kesehatan tubuh jasmani kita dan ini merupakan salah satu cara termurah dan termudah serta paling sederhana untuk mendapatkan vitamin tanpa biaya dan tanpa adanya efek samping.

Vitamin D yang dihasilakan dari papran sinar matahari juga akan ada hubungannya dengan jam tidur kita, nah ketika kita terkena cahaya alami dari sinar matahari maka kita kata akan mudah kantung dimalam hari sehingga akan memabantu jam istirahat kita di malam hari secara tertatur, dan pada akhirnya kita akan merasa bangun di pagi hari dengan kondisi yang fress dan berenergi. itu semua terjadi karena cahaya sinar matahari yang terkena tubuh kita akan memberi tahu tubuh kapan sebaiknya bisa memproduksi melatonin yang bisa merdampak pada kondisi tidur yang nyenyak, dan akan menjaikan perubahan yang luar biasa pada kesehatan kita secara keseluruhan, bagai yang mengalami susah tidur di malam hari mungkin bisa mencoba metode ini.

Sinar matahari mempengaruhi sistem endokrin

Sinar matahari secara langsung akan merangsang produksi endorfin dan akan meningkatkan suasana hati yang riang dan akan mengurangi stress dan kecemasan.

Dan mengapa harus terkena sinar matahari yang di pagi hari

Sinar matahari pagi menurut para ilmuan sepakat bahwa  sinar yang paling baik dan akan mempengaruhi susana hati dan perasaan. dan seberapa banyak atau seberapa lama sinar matahari yang di perlukan? para ahli menyebutkan cukup dengan berjemur selama 10 sampai 15 menit dan dianjurkan lebih lama bagi mereka yang memiliki warna kulit yang sedikit gelap. setiap orang berbeda tapi rata 2 sekitar 30 menitan sampai 1 jam untuk menghasilkan vitamin D yang cukup.

Baca juga : Cara hidup sehat agar selalu terlihat awet muda