Pohon kelengkeng didepan rumah saya berbunga

Pohon ini sudah berumur sekitar 2 tahun. Entah jenisnya apa yang pasti sudah bisa berbunga dan berbuah saja sudah sangat senang. Klengkeng ini bibitnya hasil dari cangkokan dulu belinya sekitar harga 75.000 lha mahal ya..mahal gak papa kata ibu..soalnya dulu pernah beli harga 15 ribuan tapi ditunggu sampai 5 tahun tapi gak kunjung berbuah juga akhirnya kami tebang.

Pohon ini berbuah sudah yang ketiga kalinya. Buah yang pertama saya aplikasikan POC buah dari yakult, kuning telur, pocari dan micin. Setelah disemprot POC tersebut akhirnya 2 minggu setelah pengaplikasianya pohon kelengkeng ini langsung berbunga.


Untuk resep dan cara pembuatan POC nya bisa kalian lihat di postingan sebelumnya..cari saja..
Berbunga pada yang kedua kalinya sangat banyak sekali dan karena saya telat membungkus buahnya akhirnyabyang bagian atas habis dimakan kelelawar jadi hanya sedikit saja yang bisa dipanen.
Nah untuk berbuah yang ketika ini jangan sampai kecolongan lagi ketika buahnya sudah terbentuk dan sudah agak sedikit besar segera saja saya bungkus.

Tapi masalahnya adalah di pohonnya banyak sekali semut hitam yang menggangu. Sudah berbagai insektisida yg kami gunakan tapi hanya berkurang sedikit saja. Senjata yg paling ampuh untuk mengusir semut adalah bagus kapur ajaib dan solar untuk kapur ajaibnya tinggal kita corat voret saja pada batang pohon dan untuk solarnya kita bisa pakai kain dan kain itu diikatkan pada batang kemudian kainnya kita basahi dengan solar dengan begitu koloni semut akan pergi meninggalkan pohon kelengkeng kita. Sebenernya sih kita ndak ingin mengusir sisemut.. karena keberadaan semut hitam banyak semut hitam bisa mengurangi populasi hama seperti kutu daun dll dan bisa membantu proses oenyerbukan pada bunga kelengkeng. Tapi bagaimana karena menggangu sekali saat proses pembungkusan atau pembrongsongan buah kelengkeng ya mau gak mau harus kita usir terlebih dahulu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel