Skip to main content

11 Jenis makanan penguat hormon testosteron pria supaya perkasa

Testosteron adalah hormon pria yang sangat penting yang membantu pria mengembangkan otot mereka, meningkatkan dan mempertahankan lib*do mereka, mempertahankan pertumbuhan rambut di antara banyak fungsi tubuh penting lainnya. Selain itu, hormon lebih lanjut memainkan peran penting dalam menjaga tingkat energi dan kepadatan tulang.

Namun, tingkat produksi testosteron di test*s tidak tetap sama. Ada sejumlah alasan yang berkontribusi terhadap penurunan hormon gonad jantan secara bertahap yang meliputi gaya hidup yang tidak bergerak, penambahan berat badan, dan paparan racun dalam berbagai bentuk. Akibatnya, sejumlah pria mengalamikurangnya dorongan s*ksual mereka, perubahan kebiasaan tidur dan kenaikan berat badan.

Untungnya, ada beberapa cara yang bisa kita pilih untuk meningkatkan kadar testosteron. Hanya dengan melakukan perubahan tertentu dalam gaya hidup makanan , kita dapat mempertahankan tingkat testosteron yang sehat.

Apa itu Testosteron?
hormon  pria termasuk dalam kelompok androgen yang merupakan steroid anabolik. Hormon-hormon ini dianggap penting untuk mempertahankan siklus hidup reproduksi pria. Terutama diproduksi di t*stis, mereka dikendalikan oleh kelenjar hipofisis dan hipotalamus otak untuk diinstruksikan untuk memproduksi testosteron.

Hormon memainkan peran penting dalam mengembangkan organ pria dewasa. Mereka juga penting dalam memperkuat ktinkteristik sekunder pria saat pubertas yang meliputi pertumbuhan rambut tubuh dan wajah, ukuran t*stis, dan peningkatan ukuran p*nis. Hormon bertanggung jawab untuk produksi sp*rma dan meningkatkan gairah s*ks pada pria.

Makanan Penguat Testosteron

1. makanan pedas

Menurut sebuah penelitian terbaru yang dilakukan di Perancis - telah ditemukan bahwa pria yang menyukai makanan pedas memiliki kadar testosteron yang relatif lebih tinggi. Para peneliti meneliti adanya korelasi yang jelas antara tingkat testosteron yang tinggi dan penggunaan makanan pedas. Penelitian lebih lanjut menunjukkan adanya senyawa berapi seperti capsaicin dan mengaitkan senyawa-senyawa ini dengan peningkatan kadar testosteron karena kaya akan makronutrien.

Selain itu, capsaicin adalah komponen penting yang mengoptimalkan fungsi s*ksual dan merangsang pertumbuhan organ s*ks. Menambahkan makanan yang memasukkan capsaicin dalam jumlah besar seperti sambal ke dalam makanan cara mudah untuk meningkatkan produksi testosteron kita.

2. masakan dari Tiram

Tiram adalah makanan kaya nutrisi lain yang telah dikaitkan dengan meningkatkan kadar testosteron kita. Itu karena tiram mengandung jumlah seng yang cukup, nutrisi yang dikenal dapat meningkatkan testosteron sambil memicu hormon yang meningkatkan kinerja fisik selama hubungan s*ksual. Dokter menganggap kekurangan seng sebagai faktor risiko utama untuk meningkatkan infertilitas pada pria yang disebabkan oleh tingkat testosteron yang buruk.


Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa asupan harian suplemen seng mempengaruhi kadar sperma dalam testosteron. Mengoptimalkan fungsi s*ksual, seng dianggap sebagai nutrisi aktif yang dibutuhkan untuk merangsang pertumbuhan testosteron. Menambahkan makanan seperti bayam , kacang-kacangan, labu , kacang-kacangan , bubuk kakao , dan  gandum dalam makanan harian kita  merupakan cara mudah untuk meningkatkan konsumsi seng kita.

3. ikan Tuna

Kehadiran vitamin D dalam tuna dapat meningkatkan kadar testosteron dan memicu kelenjar pituitari kita untuk menghasilkan lebih banyak hormon s*ks. Sebuah studi yang dilakukan di Australia, telah membuktikan bahwa Tuna meningkatkan produksi testosteron hingga 90%.

4. Udang

kita tidak lagi perlu khawatir tentang produksi testosteron kita jika kita pecinta makanan laut - terutama jika kita menyukai udang. Sebuah studi juga telah membuktikan udang sebagai pembangkit tenaga makro - terutama vitamin D.

5. buah bit

Boron , menurut beberapa penelitian baru-baru ini adalah bahan kimia penting yang berkontribusi pada produksi testosteron yang sehat. Bit  sangat baik yang dapat kita pastikan untuk mengonsumsi boron dalam jumlah yang memadai.  Jadi, memakan bit tidak hanya menyeimbangkan jumlah darah merah dalam tubuh kita tetapi juga meningkatkan produksi testosteron kita.

6. sereal gandum

Banyak penelitian telah mengaitkan sereal dengan peningkatan jumlah vitamin-D dalam tubuh. Vitamin-D berperan penting dalam meningkatkan produksi testosteron. Sereal mengandung suplemen makronutrien lain yang potensial yang merangsang produksi testosteron dan juga mendukung pertumbuhan organ reproduksi pria - terutama selama masa pubertas.

8. keju

Meningkatkan produksi testosteron adalah salah satu manfaat kesehatan penting dari keju yang mengandung kandungan protein tinggi yang bertindak sebagai katalis yang memperkuat t*stis untuk menghasilkan hormon s*ks yang sehat dan aktif. Sebuah studi telah menunjukkan bagaimana kekurangan protein meningkatkan kortisol - hormon kecemasan yang mempengaruhi lib*do pada pria. Mengkonsumsi keju dalam jumlah yang cukup dianggap sebagai hal penting yang memicu rangsangan s*ks sambil meningkatkan testosteron.


9. sayuran hijau

sayuran seperti kubis, brokoli , kangkung , dan kembang kol adalah alternatif lain yang mudah untuk meningkatkan produksi testosteron. Semua sayuran ini sangat bergizi dan memerlukan indol-3 karbinol, yang merupakan komponen kimia penting untuk meningkatkan ekskresi estradiol kita hingga 55%, yang pada gilirannya mengarah pada produksi aktif testosteron. Sayuran dapat dengan mudah dikonsumsi dalam bentuk salad.

10. Minyak Zaitun

Selain memberikan banyak lemak tak jenuh tunggal yang sehat, minyak zaitun juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan kadar testosteron pada pria. Sebuah penelitian telah menunjukkan peningkatan hingga 17,4% pada tingkat testosteron pada orang yang mengonsumsi minyak zaitun dalam jumlah yang cukup setiap hari.

11. buah Delima

jus delima mengandung komponen ampuh untuk meningkatkan kadar testosteron hingga 30% pada pria. dalam sebuah penelitian  telah mengungkap bagaimana konsumsi jus delima setiap hari membantu mengurangi tekanan darah. Selain itu, meningkatkan fungsi t*stis dengan memperkuat komunikasi antara hipotalamus dan kelenjar hipofisis, yang pada gilirannya menghasilkan pertumbuhan testosteron yang lebih baik.

baca juga manfaat ajaib dari jamur shiitake