Skip to main content

Bagaimana mengelola stress agar tugas pekerjaan berjalan efektif

pekerjaan merupakan bagian terpenting dalam kehidupan, bagi para lelaki pekerjaanmerupakan sesuatu yang wajib terkadang menjadi harga diri bagai seorang pria, karena tugas lelaki untuk menfkahi keluarganya dengan penghasilan dari bekerja, kita dituntun oelh perusahaan dima kita bkerja dengan banyak tugas yang harus segera diselesaikan dan grafit peningkatan kerja harus bagus dari waktu ke waktu, kita juga dituntut untuk menyelesaikan beragam pekerjaan yang variatif dan banyak macamnya berbagai persolan harus kita selesaikan guna memenuhi keberhasilan dan prestasi perusahaan, akan tetapi terkadang kewajiban dalam emnyelesaikan tugas akan berdam[pak negatif dan pada masa yang akan datang akan mejadikan konflik dan menimbulkan maslah baru yaitu stress yan berkepanjangan.


stres itu akan terjadi pada seseorang jika pekerjaan orang tersebut banyak sekali tuntutan untuk segera diselesaikan akan tetapi kemampuan individu tersebut sangat tidak sesuai dengan tugasnya. banyak sekali faktor yang menyebabkan stress dalam pekerjaan. karena tekanan dari atasan, deadline tugas yang hrus segera diselesaikan dan bisa juga karena faktor lingkungan kerja yang kurang nyaman, dan masih banyak hal lainnya. yang pada akhirnya akan mempengaruhi kesehatan fisik orang yang mengalami stress
karywan yang seang menalami stress akan berdampak buruk bagi perusahaan dan bagi karyawan tersebut, kerugian bagi perusahaan adalah produktifitas akan menurun dan ini tentu akan mempengaruhi kinerja perusahaan, maka dari itu perusahaan juga perlumengatur bagaimana karywan agar tidak mengalami stress yang berkepanjangan dan mampu berkerja dengan normal kembali. yaitu dengan cara engelola stress pada karyawan

Bagaimana sih cara mengelola stress setiap karyawan akibat pekerjaan?
cari tahu apakah yang menjadi penyebab individu mengalami stress, caranya identiviksi jenis pekerjaan apa saja yang terasa bebannya begitu berat dengan begitu kalian akan bisa memutuskan untuk mengambil tindakan apa saja yang paling baik untuk mengatasi sumber stress.

cara berikutnya adalah lupakan sejenak pekerjaan dan mulilah untuk mendinginkan kepala, cara terbaik untuk membuat kepala menjadi dingin adalah memasukkannya kedalam lemari es, hahaha. tida seperti itu yang dimaksud disini adalah dengan mencari tempat yang nyaman relak, untuk meditai danmerengangkan otot otot yang kaku menjadi santai bisa disertai dengan pijatan pijatan yang lembut dikepala, nah setelah itu cobalah untuk sedikit olah raga dengan berjalan tanpa alas kaki bisa dijalan, mengelilingi komplek dan jalan2 ditaman,

banyak cara untuk menghilangkan stress, tiap orang memiliki cara yang bebrbeda 2 seperti dengan berkebun menanam berbagai macam sayuran dan ada juga yang menyalurkan stress dengan melakukan banyak kegiatan yang berhubungan dengan hobi yang disukui, bisa juga stress yang kita alami kita curahkan dalam sebuah tulisan dalam buku diari harian kita, atau bisa disalurkan lewat blog pribadi.
nah bagaimana jika sudah melakukan aktifitas diatas tapi masih juga mengalami stress maka ciptakanlah lingkungan pekerjaan yang nyaman dan baik, lingkungan kerja yang baik akan berkontribusi dalam menekan timbulnya stress, lingkungan kerja yang penuh dengan persaingan tidak sehat antar karyawan dengan saling menjatuhkan akan membuat buruknya kualitas kerja antar karyawan,maka dari itu bangunlah hubungan komunikasi yang baik antar karyawan dan inik akan menjadi jalan kerjasama yang bagus antara karyawan. dengan begitu antar karyan akan merasa harmonis dalam lingkungan kerja, mereka akan slaing berbagi
dan saling tolong menolong dalam setiap menyelesaikan setiap pekrjaan yang ada.

cara terbaik lainya adalah dengan dukungan dari teman dekat dan juga keluarga, nah lokasi jauh dari keluarga maka jadikan saja teman yang dekat dengan kita sebagai keluarga kita, bergaulan dengan teman2 yang mendukung pekerjaan kita, in akan membuat kita semakin santai dan dapat membantu meringankan beban kerja yang berat. dukungan dari teman dekat dikantor akan mengurangi beban dan akan berperan dalam mengurangi stress yang sedang kita alami.

langkah selanjutnya adalah tertawa, tapi jangan tertawa sendirian loo ya.. nanti kita dikira sudah gila, cara tertawa yang terbaik adalah dengan melihat film2 yang bergenre komedi atau melihat berbagai lawakan lucu yang ada di media sosial seperti facebook  atau paling gampang menggunakan youtube. tapi harus diingat harus dilakukan dirumah buka dikantor.

terkadang dengan mendengarkan musik akan mengurangi beban kerja kita, pilihlah lagu yang kamu sukai dan mulai dengarkan, sambil kita bernyayi ini akan membuat mood kita menjadi baik dan kita akan merasa lebih relaks .

jika stres sudah sangat menyiksamaka lungkan waktu selama 5-10 menit untuk istirahat ambil air wudhu untuk sholat sejenak dan menengkan fikiran, jika non muslim maka bis ambil kopi sanikmati istirahat sampil menikmati kopi dikantin hal ini bisa sangat efektif untuk menghilangkan fikiran yang mulai penat
yang terakhir adalah dengan mengambil cuti atau mengambil waktu week end dan mulailah mengambil tempat wisata untuk sejenak liburan, tidak perlu yan terlalu jauh, kita bisa liburan di tempat wisata yang dekat dengan lokasi atao domisili dimana kita tinggal, ke gunung atau kepantai atau ketempat wisata lannya yang dekat, perasaan kita akan menjadi lebih nyaan dan akan mendapat nergi baru lagi saat memulai pekerjaan kembali dikntor.

maslah stress ini jika tidak segera diatasi maka akan berdampak buruk baik itu untuk perusahaan ataupun bagi individu itu sendiri. guna terciptanya suasana kantor yang nyaman dan menyenangkan tentu akan  membuat produktifitas kerja performa lebih bagus. akantetapi jika masala stress ini tidak segera diatasi maka dampaknya akan merugikan karywan itu sendiri dan bagi perusahaan produktifitasnya akan menurun.