Skip to main content

Bahan untuk menghilangkan bakteri di ketiak

Pasti nggak PD dong saat kita punya bau badan? Nah sebenarnya apa sih penyebab bau badan serta bagaimana cara kita untuk mengatasi bau badan kita secara alami? Simak artikel berikut ini.
Ketiak menjadi salah satu bagian tubuh yang sering kali berurusan dengan keringat yang berbau tidak sedap. Keringat sendiri di hasilkan dari kelenjar yang berada di bawah permukaan lapisan kulit. Kelenjar keringat ini terbagi menjadi dua, yaitu kelenjar accrine dan apokrin.

Perlu di ketahui meskipun dua kelenjar ini sama-sama berfungsi untuk menghasilkan keringat, akan tetapi dua kelenjar ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan yang perlu kita bahas. Kelenjar accrine merupakan kelenjar keringat yang menghasilkan cairan putih namun sama sekali tidak memunculkan bau, biasanya kelenjar ini di miliki dan di hasilkan sejak masih bayi. Sedangkan bau badan yang tidak sedap di hasilkan oleh kelenjar apokrin. Kelenjar apokrin ini sendiri biasanya terletak pada bagian-bagian lipatan tubuh seperti pada ketiak. Karena kondisi suhu pada lipatan tubuh sangat lembab, sehingga mengakibatkan kelenjar ini bereaksi bersama dengan bakteri. Bakteri ini sendiri lah yang akan membantu kelenjar ini dalam proses pembusukan sehingga pada akhirnya akan menghasilkan bau yang tidak sedap.

ATASI BAU KETIAK KARENA BAKTERI DENGAN BAHAN INI

Namanya bau badan atau ketiak, selain bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang juga bisa saja akan mengganggu orang-orang yang berada di sekitar kita. Nah daripada kalian semakin minder dan semakin merasa tidak nyaman, kalian juga perlu tau dan mencoba cara ini untuk menghilangkan bau badan yang tidak sedap ini. Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi bau badan. Mulai dari menggunakan baha-bahan alami, bisa dengan mengubah pola hidup sampai harus memerlukan perawatan secara medis. Dan kali ini yang akan kita bahas pada artikel ini adalah cara menghilangkan bau ketiak dengan beberapa bahan alami yang bisa kalian coba lakukan di rumah:

1. Daun Sirih, daun yang memiliki kandungan sebagai antioksidan ini bisa menjadi salah satu cara alternatif untuk menangani bau badan. Dengan kandungan lain di dalam daun sirih seperti vitamin c, tiamin, niacin riboflavin serta karoten juga bisa di gunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Untuk cara mengatasi bau ketiak dengan daun sirih ini sangat sederhana cukup dengan rutin mandi serta membersihkan badan dengan air hasil rebusan dari daun sirih ini sendiri. Lakukan hal ini dengan rutin serta konsisten untuk menghasilkan hasil yang maksimal.

2. Daun Kemangi, jika kalian tidak asing dengan istilah minyak atsiri. Selain menjadi salah satu daun yang memiliki antiseptik, ternyata dengan hanya memakan rutin daun kemangi sebagai lalapan bisa membantu untuk menghilangkan bau badan loh... Cukup dengan mengkonsumsi segenggam lalapan kemangi setiap hari di pagi dan sore. Akan tetapi apabila kalian tidak menyukai konsumsi daun kemangi sebagai lalapan, kalian juga bisa menjadikan daun kemangi sebagai teh loh, cara nya cukup keringkan saja daun kemangi kemudian tumbuk hingga halus dan seduh dengan air panas, kemudian kalian bisa mensaring dan bisa langsung mengkonsumsinya rutin 2 kali sehari.

3. Jahe, siapa sangka jika jahe minuman yang sering kita cari saat kedinginan ini ternyata juga memiliki kandungan minyak atsiri zingiberol, bisabolena, kurkumen, gingerol, filandrena dan juga resin pahit. Seperti yang kita tahu bahwa kandungan terpenting di jahe ini sebagai penghilang bau badan adalah minyak atsiri. Cara untuk menghilangkan bau badan dengan jahe ini cukup mudah dan menyenangkan loh, kalian tinggal konsumsi rutin wedang jahe sehari sekali  secara rutin. Selain bisa membantu menambah daya tahan tubuh terhadap flu bisa juga untuk menghilangkan bau badan kalian.

4. Jeruk nipis,ternyata jeruk nipis tidak kalah berkhasiat untuk menghilangkan bau badan lo. Jeruk nipis yang kaya akan vitamin C dan flavonoid ini juga memiliki kandungan lain seperti asam sitrat, kalium, kalsium macronutrients, serat dan juga kalori. Cara penggunaan jeruk nipis sebagai alat bantu penghilang bau badan cukup mudah, cukup aplikasikan sama seperti kalian menggunakan deodorant. Bedanya ini kalian menggunakan deodorant yang alami dan juga tidak akan membuat ketiak kalian bau dan menghitam. Pakai jeruk nipis ini saat sesudah mandi ya.

5. Temulawak, bahan ini juga mengandung minyak atsiri dan juga zat-zat lain seperti sapomin dan juga flavoinida. Untuk cara menghilangkan bau ketiak dan bau badan menggunakan bahan ini adalah sebagai berikut: parut temulawak kemudian campur dengan air sedikit demi sedikit sambil memeras temulawak sama seperti saat kalian memeras santan kelapa. Kemudian kalian bisa tambahkan 1 sendok makan madu jika kalian rasa baunya tidak sedap.

6. Cuka apel, cuka apel yang mengandung asam tartar ini memiliki fungsi untuk menghambat pertumbuhan bakteri loh, sedangkan asam asetat pada cuka apel ini berfungsi sebagai anti mikroba. Cara untuk menggunakan cuka apel ini cukup mudah untuk di coba, cukup tuangkan cuka apel secukupnya pada kapas kemudian oleskan kapas pada bagian ketiak kalian. Diamkan selama kurang lebih 15 menit kemudian bilas dengan air biasa. Gunakan cuka apel ini sebelum kalian mandi ya.

7. Baking soda, baking soda di percaya mampu untuk menghilangkan bau badan karena baking soda ini sendiri mampu untuk menyerap keringat dan membunuh bakteri penyebab bau badan. Cara untuk menggunakan baking soda ini dengan mencampurkan 1 sendok teh baking soda dengan 1 sendok teh air perasan jeruk nipis. Kemudian campur hingga menjadi satu, dan kalian bisa mengoleskan baking soda ini ke daerah ketiak dan area badan yang kalian rasa sering berkeringat. Diamkan selama kurang lebih 10 menit kemudian kalian bisa bilas dengan air hangat. Lakukan ini setiap hari sekali secara rutin untuk hasil maksimal.

8. Tawas, bahan yang satu ini sudah lama di kenal memang berfungsi sebagai penangkal bau pada ketiak. Bahan ini merupakan bahan kimia yang memiliki kandungan asam sulfat. Tawas sendiri memiliki bentuk seperti bongkahan kristal yang hsmpir mirip seperti batu hiasan atau batu lintang. Tawas sendiri juga memiliki sifat antiseptik yang baik untuk membunuh bakteri penyebab bau badan sehingga sering di gunakan untuk penghilang bau badan. Cara untuk menghilangkan bau badan dengan tawas ini sangat mudah.  Kalian cukup hancurkan tawas secukup nya hingga halus menjadi seperti bubuk, dan larutkan tawas di dalam air. Masukan handuk kecil ke dalam air tawas dan gunakan untuk mengkompres ketiak. Lakukan kompres ketiak dengan tawas berulang hingga sekitar 15 menit. Semoga bermanfaat~

Baca juga : Cara menghilangkan uban secara alami dan permanen