Skip to main content

Ikan yang boleh dimakan penderita asam lambung

Mengalami gangguan pada fungsi kerja lambung atau yang sering kita kenal dengan istilah sakit maag memang cukup sangat menyiksa apabila tengah kambuh. Penyakit maag ini sendiri di sebabkan dari tingginya kadar asam lambung sehingga mengakibatkan luka pada dinding lambung. Sehingga luka ini yang mengakibatkan rasa perih yang di timbul saat sebelum atau sesudah makan. Hal ini di picu karena adanya infeksi yang di pengaruhi oleh bakteri. Akan tetapi penyakit maag seperti ini tidak bisa di anggap remeh, karena bisa jadi penyandang maag akut atau maag kronis bisa saja memicu komplikasi pada lambung atau pun organ yang lain.

Biasanya pada gangguan asam lambung akan di tandai oleh beberapa gejala awal berupa feses yang berubah menjadi mengeras karena proses pencernaan yang kurang baik. Bahkan jika maag sudah dalam kondisi yang parah bisa jadi akan mengakibatkan pendarahan, dan darah akibat pendarahan tersebut akan bercampur dengan feses atau tinja sehingga mengakibatkan feses yang di keluarkan berwarna hitam. Gejala umum lain seperti sakit perut yang luar biasa hebat, perut terasa kembung, lebih sering bersendawa, nafsu makan mulai menurun, dan kadang bisa sampai terjadi diare kronis.

ASAM LAMBUNG NAIK, SEBAIKNYA KONSUMSI IKAN JENIS INI

Nah berbicara tentang asam lambung, selain dari segi gejala kita juga perlu tahu nih apa sih penyebab yang bisa mengakibatkan seseorang sampai bisa menderita maag atau asam lambung? Maag atau asam lambung sendiri di sebabkan karena seseorang sedang mengalami stress berat, tidak menjaga pola makan sehingga makan tidak teratur atau sering terlambat makan. Dan bisa juga dipicu karena seseorang terlalu sering mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol atau kafein. Meskipun penyakit asam lambung ini hanya bersifat sementara, namun untuk obat maag yang di konsumsi baik yang di dapat dari resep dokter maupun dari apotek itu hanya akan membantu menurunkan pH asam nya saja sehingga bisa meringankan serangan asam lambung tersebut. Namun dengan terus menerus mengkonsumsi obat-obatan sama sekali tidak menghilangkan penyebab dari gangguan lambung itu sendiri. Bahkan jika kita terus menerus mengkonsumsi obat justru akan membahayakan organ yang lainnya seperti ginjal dan saluran kemih.

Maka dari itu, terkadang untuk seseorang yang menderita maag atau asam lambung tinggi seringkali  merasa kesulitan saat memilih makanan yang akan di konsumsi. Karena apabila penderita asam lambung salah dalam mengkonsumsi makanan bisa jadi justru akan meningkatkan produksi asam lambung dan memperparah kondisi serta keluhan yang di akibatkan oleh penyakit asam lambung yang sedang di derita tersebut. Sehingga kita harus lebih selektif lagi dalam memilih makanan, maka dari itu kita perlu tahu apa saja yang boleh dan tidak boleh di konsumsi oleh penderita maag. Berikut ada beberapa contoh makanan yang bisa jadi akan meningkatkan asam lambung apabila di konsumsi oleh sang penderita maag yaitu coklat atau makanan manis, makanan pedas, makanan yang mengandung tinggi lemak, buah-buahan dengan rasa asam, bawang putih serta bawang bombay. Banyak juga bukan pantangannya?

Jika kalian adalah salah satu penderita mag atau sering mengalami kenaikan asam lambung saat terlalu banyak makan goreng-gorengan atau daging yang berlemak, ada baiknya apabila kalian pilih beberapa menu seafood yang bisa kontrol keluhan asam lambung kalian. Berikut beberapa menu seafood yang kami rekomendasikan untuk kalian coba:


Cumi-cumi : Seafood satu ini siapa sih yang tidak tahu? Sudah pasti akan menjadi primadona apalagi saat sudah di bumbui asam manis atau asam pedas. Hmm jadi laper kan, tapi kebanyang nggak sih kalau dengan cumi asam manis/pedas yang mengandung banyak minyak serta lemak jahat akan membuat asam lambung melambung? Justru dalam pengobatan tradisional cina, cangkok pada cumi-cumi sering di gunakan sebagai obat untuk penyandang maag. Cangkok cumi-cumi ini sering juga di sebut “ha pian siau”. Akan tetapi tidak semua cangkok cumi-cumi bisa di gunakan bahan ramuan ini hanya cangkok cumi yang berwarna putih yang bisa di gunakan, bukan yang berwarna kekuning-kuningan atau kebiru-biruan. Cangkok cumi ini sendiri memiliki kandungan kalsium fosfat, kalium karbonat dan natrium karbonat.  Dan bahan-bahan inilah yang berfungsi meredakan gangguan pada lambung. Untuk cangkok cumi yang di gunakan untuk pengobatan sudah dalam bentuk tepung. Untuk cara pembuatannya pun sangat sederhana, cukup sangrai cangkok cumi tersebut kemudian di campurkan dengan sedikit cuka. Lalu masak cangkok cumi hingga berwarna kuning. Selanjutnya bisa langsung di tumbuk hingga halus berbentuk menjadi tepung.

Bahan-bahan yang harus di siapkan yaitu 600 gr tepung cumi kemudian bisa campur dengan 75 ml cuka. Dan cangkok cumi ini bisa di konsumsi sebagai pengobatan maag, cukup di lakukan sekali saja ya. Akan tetapi jika di rasa maag belum sembuh setelah meminum ramuan ini kalian bisa minum lagi.

Ikan emas : Selain cangkok cumi ada juga rekomendasi ikan yang baik di konsumsi untuk sakit maag atau gangguan asam lambung yaitu ikan emas. Sementara itu, ikan ini di gunakan untuk pengobatan yang memiliki gangguan pada lambung. Nah jika cangkok cumi bisa di konsumsi hanya satu kali saja, beda lagi dengan ikan emas ini baiknya di konsumsi selama tiga hari berturut-turut ya. Nah untuk caranya, kalian bisa masukkan jahe dan lada halus ke selaput kulit ayam. Selanjutnya masak ikan dan selaput kulit ayam dengan 1,5 liter air hingga tersisa 0,5 liter saja kemudian tambahkan garam secukupnya. Dan akhirnya olahan ikan emas ini siap di konsumsi beserta dengan kuahnya. Sangat sederhana bukan? Olahan ikan ini  bisa di gunakan untuk dua kali konsumsi dan sebaiknya apabila olahan ikan emas ini kalian konsumsi sebelum makan nasi dan lakukan selama tiga hari berturut-turut untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Bahan-bahan yang harus di siapkan yaitu ikan emas dengan berat 600 gr, selaput kulit ayam, 3,5 gr lada, 2 gr jahe, garam secukupnya serta 1,5 liter air biasa. Lalu ikan bisa kalian potong kecil-kecil, dan tumbuk lada dan jahe sampai halus. Yang terakhir campurkan ikan emas bersama dengan rangkaian bumbu yang sudah di persiapkan, dan ikan emas sudah siap untuk di konsumsi.
Nah berikut tadi adalah rekomendasi ikan yang boleh di konsumsi oleh penyandang asam lambung atau maag sekaligus bisa menjadi obat untuk keluhan penyakit tesebut. Semoga bermanfaat~

Baca juga : Tips untuk menjaga tubuh agar tetap sehat