Skip to main content

Manfaat daun bawang untuk kesehatan dan untuk obat

Daun bawang merupakan sayuran kaya flavonoid dan belerang yang termasuk dalam famili tumbuhan yang sama seperti bawang, bawang merah, dan bawang putih. Namun, daun bawang tidak mampu menghasilkan umbi tidak seperti sepupu mereka. Sayuran ini dikenal karena rasanya yang sedikit manis dan banyak manfaatnya bagi kesehatan. daun bawang diyakini berasal dari Asia Tengah dan telah dibudidayakan di wilayah ini dan di Eropa selama ribuan tahun.

gambar Manfaat daun bawang untuk kesehatan dan untuk obat

Daun bawang diketahui mengandung senyawa aktif yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung. Mereka mengandung flavonoid kuat yang disebut kaempherol, yang melindungi lapisan pembuluh darah kardiovaskular terhadap efek berbahaya dari radikal bebas. Senyawa yang sama ditemukan untuk merangsang produksi asam nitrat. Asam nitrat bermanfaat karena sifat vasodilasinya yang membantu mengendurkan pembuluh darah, yang pada akhirnya akan mengurangi risiko hipertensi. Selain itu, daun bawang mengandung folat bioaktif yang disebut 5-methyltetrahydrofolate yang menurunkan tingkat homocysteine, senyawa yang terkait dengan penyakit jantung.

Daun bawang juga dikenal karena kandungan vitamin K dan vitamin B6 yang tinggi, yang sarat dengan sifat anti-inflamasi yang membuat daun bawang sebagai makanan yang tangguh terhadap sejumlah penyakit yang disebabkan oleh peradangan seperti diabetes.

Daun bawang juga merupakan sumber sulfida yang sangat baik, yang sangat efektif dalam menghambat pertumbuhan tumor, sehingga mencegah timbulnya kanker prostat, usus besar, dan ovarium.

Selain itu, daun bawanb dianggap sebagai prebiotik yang memfasilitasi pencernaan yang sehat dan memperkuat perut, ginjal, dan usus. Kandungan serat yang tinggi dalam daun bawang ditemukan untuk membuat rasa kenyang dalan perut, mengatur aktivitas usus, dan mengurangi kembung. Jumlah serat yang berlimpah di daun bawang juga sangat efektif dalam membuang kelebihan kolesterol.

Daun bawang bermanfaat bagi sistem pencernaan, sirkulasi, pernapasan, dan kekebalan tubuh, kerangka, saraf, dan reproduksi.

Cara menggunakan daun bawang untuk masakan

Daun bawang dikenal karena rasanya yang manis dan lembut, yang menjadikannya bahan yang sangat penting dalam berbagai resep termasuk sup dan semur, dan hidangan daging dan martabak. 


  1. Daun bawang mengandung senyawa anti kanker
  2. Daun bawang mencegah beberapa jenis kanker, penyakit kardiovaskular, dan ganguan pernafasan
  3. Daun bawang juga mencegah infeksi, masalah pencernaan, dan gangguan mata.
  4. Daun bawang juga bermanfaat bagi sistem pencernaan, sirkulasi, pernapasan, dan kekebalan tubuh.
  5. Daun bawang juga mendukung sistem kerangka, saraf, dan reproduksi.\