Skip to main content

nilai gizi dari buah tin dan manfaatnya bagi kesehatan

Apa itu buah tin?

Buah tin adalah salah satu buah paling awal yang pernah ditemukan, tercatat 5000 tahun yang lalu. Buah tin yang matang manis dan berair, meskipun yang tidak matang dikatakan mengandung getah yang dapat mengiritasi kulit jika tidak ditangani dengan benar.

Terlepas dari itu, buah tin berkhasiat, dapat dimakan kering atau apa adanya, Sejauh ini, sebagian besar buah tin dikonsumsi kering, yang mereka alami atau melalui proses pengeringan.

Nilai Gizi dari Buah tin

Buah tin juga relatif rendah kalori, menghasilkan hanya sekitar 75 kalori per 100g ukuran  dua buah tin.

gambar nilai gizi dari buah tin dan manffatnya bagi kesehatan

beberapa manfaat dari buah tin


buah tin Dapat Membantu Mengobati Sembelit

Buah tin sebenarnya  banyak manfaat seoerti kurma , salah satunya adalah kemampuan untuk meredakan sembelit . Buah tin mengandung cukup banyak serat larut yang membantu menambah hidrasi pada fases yang mengeras. buah tin dapat dikonsumsi matang, dikeringkan atau direndam semalaman dalam air, meskipun banyak yang lebih suka metode perendaman jika gunanya untuk menyembuhkan sembelit.

Buah tin Dapat Menurunkan Kolesterol

buah tin kadar pektinnya yang tinggi. Pektin adalah serat larut yang mengikat kolesterol dan membantu mengeluarkannya dari tubuh melalui tinja. Buah tin juga mengandung Phyto-sterol, senyawa yang dianggap sebagai alternatif alami yang sangat baik untuk untuk mengobati kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi.

Buah tin Membantu Dengan Kontrol Diabetes

Meskipun buah tin memiliki jumlah gula yang cukup, secara keseluruhan mereka dianggap memiliki indeks GI lebih rendah dari rata-rata karena mereka juga mengandung serat. Apa yang dilakukan adalah membuat buah tin makanan ringan yang sangat baik untuk penderita diabetes,buah tin tidak meningkatkan kadar gula darah menjadi tinggi. Kalium yang ditemukan dalam buah tin juga memiliki peran pendukung, karena kalium membantu meningkatkan penyerapan glukosa ke dalam sel otot, dan juga mengurangi naik turunnya kadar gula darah. Satu atau dua buah tin yang dikonsumsi sebagai camilan oleh penderita diabetes membantu masalah menemukan kecocokan di antara makanan sehat untuk penderita diabetes

Mempercepat Pemulihan Dari Radang Tenggorokan

istirahat yang cukup sangat penting untuk pemulihan dari sakit tenggorokan, buah tin  kandungan lendirnya  alami membantu menenangkan iritasi dan peradangan yang terkait dengan sakit tenggorokan, dan dengan membentuk lapisan pelindung  membantu mempercepat penyembuhan.

Membantu Mencegah Kanker Payudar* Pada Wanita Pascamenopause

Kanker payudara memiliki jalur perkembangan yang kompleks di bawahnya, beberapa sebagai akibat dari perbedaan hormon,  faktor-faktor lain didasarkan pada risiko genetik. Namun, yang menarik adalah bahwa wanita yang mengonsumsi serat buah dalam jumlah tertinggi memiliki risiko terendah terkena kanker payud*ra.  serat dapat membantu pembuangan limbah secara tepat waktu dan juga dapat meningkatkan metabolisme beberapa hormon dan racun.

Buah tin Dapat Membantu Mencegah Kanker Usus Besar

Salah satu cara  untuk mencegah perkembangan kanker usus besar adalah untuk memastikan bahwa fases tidak disimpan untuk waktu yang lama. Namun, karena satu dan lain alasan, orang mungkin menjadi cenderung mengalami sembelit, secara tidak sengaja meningkatkan risiko kanker usus besar. Diet tinggi serat menjadi mutlak wajib dalam kasus-kasus seperti itu, karena tidak aman untuk menyimpan feses disimpan untuk waktu yang lama.

Buah tin Menjaga Kesehatan Tulang

Buah tin mengandung banyak kebutuhan nutrisi penting untuk sintesis dan pemeliharaaan tulang, meskipun hanya dalam jumlah kecil. Namun, jumlah kecil ini semuanya dapat bertambah, terutama jika seseorang memiliki alergi atau intoleransi berbasis susu yang membuatnya sulit untuk mendapatkan kalsium. Tetapi penting untuk diingat bahwa kalsium jauh dari satu-satunya mineral yang diperlukan untuk sintesis tulang, karena banyak nutrisi pendukung lainnya yang berperan. Yang lain termasuk magnesium , seng , vitamin D dan vitamin K.

Buah tin Dapat Membantu Penurunan Berat Badan

Insulin dan ghrelin adalah dua hormon penting yang dapat secara negatif mempengaruhi tujuan menurunkan berat badan, karena keduanya merangsang rasa lapar. Untuk menurunkan berat badan secara efisien, rasa lapar tidak boleh menjadi penghalang ketika kalori dibatasi.


Buah tin menghasilkan serat yang membantu kita merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama, dan kehadiran magnesium dan kalium yang meningkatkan fungsi insulin, memungkinkan sensitivitas yang lebih besar dan menstabilkan kadar gula darah. Pastikan untuk tidak mengonsumsi terlalu banyak buah tin karena kalori yang berat tanpa menyadarinya dan malah menyebabkan kenaikan berat badan!

Buah tin Membantu Fungsi Hati yang Sehat

Buah tin dapat membantu hati bekerja secara optimal, membantu detoksifikasi, dan memungkinkan enzim hati yang meningkat untuk kembali normal. Sebagai contoh, pecandu alkohol menempatkan enzim metabolisme hati mereka di bawah tekanan tinggi, tetapi konsumsi tin dapat membantu mengembalikan kadar enzim yang membuatnya menjadi normal.

Buah tin Membantu fungsi penglihatan

Salah satu nutrisi terpenting untuk menjaga penglihatan sehat adalah Vitamin A dan semuanya yang mengandung anti oksidan karotenoid. Buah tin, meskipun bukan sumber nutrisi yang sangat kaya akan itu, mengandungnya dalam jumlah kecil. Konsumsi secara konsisten, buah tin dapat membantu menjaga kesehatan mata kita, membantu mencegah degenerasi makula, meningkatkan penglihatan malam.

baca juga manfaat daun bawang untuk kesehatan dan untuk obat