Skip to main content

Cara membuat donat sederhana yg empuk dan enak

Cara Membuat Donat Kampung Sederhana yang Empuk dan Enak Bingits-Untuk membuat donat siapkan adonannya
  1. 500 gram tepung terigu protein tinggi atau pake tepung cakra kembar.
  2. 200 mililiter air es
  3. 4 butir kuning telur,
  4. 5 sendok makan susu bubuk atau pakai susu bubuk dancow.
  5. 5 sendok makan gula pasir,
  6. setengah sendok teh garam halus,
  7. 1 bungkus ragi instan atau pake fermipan
  8. dan terakhir 100 gram mentega atau pake bluband cake
gambar Cara membuat donat sederhana yg empuk dan enak


siapkan wadah.campurkan menjadi satu tepung terigu, kalau mau di campur dengan protein sedang juga bisa
tapi kalau  pake tepung terigu protein tinggi hasilnya lebih bagus
kemudian susu bubuk, gula pasir dan juga ragi, aduk rata..


kemudian masukan 4 butir kuning telur, kuning telur ini membuat donatnya menjadi lembut, kalau misalkan ingin tekstur donatnya ada kenyal-kenyalnya gunakan 1 butir telur tapi karena pengen donatnya empuk dan lembut jadi pake kuning telur.

aduk terus sampai tercampur rata tambahkan air es sedikit-sedikit , air es di gunakan agar menjaga suhu adonan tetap lembap selama proses pengulenan sehingga ragi dapat berfungsi maksimal pada saat proses fermentasi. tergantung suhu saat membuat juga ya kalau saat membuat donat di tempat suhu panas maka pakai air es, kalau membuat donat di tempat suhu dingin maka pakai air hangat.
uleni sampai setengah kalis.

tuangkan airnya semuanya.uleni terus adonannya memang agak lengket, uleni sampai tercampur rata kalau sudah hampir tercampur rata. sekarang masukan garam 100 gram aja.
uleni sampai kalis
untuk garam dan mentega di masukan paling akhir karena sifatnya mengikat air kalau gak ada mentega bisa di ganti dengan margarin biasa ya tapi hasilnya lebih lembut pakai mentega.
nah supaya lebih mudah untuk pengulenannya sekarang kita pindahkan ke meja, taburkan terigu di atas alas
kalau adonan lengket tinggal di taburkan aja tepung ke tangannya. gunakan dua tangan untuk menguleni, jangan lupa tangannya di cuci tangan dulu sampai bersih, kalau punya mixer buat roti bisa juga menggunakan mixer, uleni terus sampai adonannya kalis atau sampai tidak lengket di tangan kemudian bulatkan adonan


ambil lagi wadah, tambahkan sedikit minyak tujuannya supaya adonan tidak lengket saat di ambil kembali.
diamkan adonan hingga mengembang dua kali lipat, untuk berapa lamanya waktu yang di gunakan ? semua tergantung cuaca ya teman-teman.
semakin panas suhu ruangan semakin cepat mengembangnya sebaliknya jika suhu ruangan dingin misal, sedang hujan akan lama mengembangnya, pokoknya sampai mengembang 2 kali lipat. jika sudah mengembang 2 kali lipat tusuk bagian tengah adonan dengan jari kempeskan adonan agar udara yang terperangkap di adonan bisa keluar ya 

kemudian timbang masing-masing adonan dengan berat 40 gram atau sesuai selera.
lakukan cara ini sampai semua adonannya habis, setelah adonan selesai di timbang
setelah itu bulat-bulatkan dengan cara menarik di samping dan menekan ke baghian tengah sampai permukaannya halus. lakukan sampai selesai dan diamkan 10 menit. setelah di diamkan 10 menit donat siap di beri lubang bagian tengahnya.

siapkan dulu loyang atau piring untuk meletakan donat yang sudah di beri lubang dan jangan lupa taburkan tepung supaya gak lengket saat donat di ambil kemudian siapkan botol plastik buka tutupnya dan gunting sebagian botol ini untuk melubangi donat ya..

pipihkan adonan dan lubangi bagian tengah dengan botol plastik yang sudah di masukan ke tepung terigu terlebih dahulu. diamkan 30 menit, sampai mengembang di loyang yang sudah di tabur tepung
sekarang donat siap di goreng, gunakan spatula untuk mengambil donat yang akan di goreng goreng donat dengan api kecil di minyak yang sudah di panaskan terlebih dahulu, goreng bagian atas dahulu ya yang menyentuh minyak. goreng hingga kedua sisinya matang, nah ini dia donat yang sudah matang  tiriskan di tissue dapur supaya minyaknya terserap.

kaya gini aja udah nikmat banget cocok deh buat temen ngteh atau sekedar ngopi, dinikmati dengan gula halus. nah buat teman-temang yang mau donatnya tetap empuk meskipun sudah 3 hari, simpen aja sisa donatnya di zipperbag dijamin deh bakal lembut terus donatnya karena tertutup rapat tidak terkena udara
silahkan di coba juga ya tipsnya..