Skip to main content

Apa sih makanan tumbuhan itu??

Semua makhluk hidup dibumi ini pasti membutuhkan makanan. Nah sekarang pertanyaan dari cantikku latisha adalah "ayah makanan tumbuhan itu apa sih.."kalo saya jelaskan secara bahasa pertanian maka bisa binggung dia..hhe

Makanan tumbuhan itu sari2 yang ada didalam tanah sayang!! Dari mana mereka makan yah kok ndak kelihatan ya..dan mereka cari makanya bagaimana..


Gini sayang..saya ambil tanaman kecil beserta akarnya dan kita jelaskan kalo tanaman itu makan dari menyerap air dan mineral mineral lainnya dari bulu2 akar yang halus. Jadi makanan tumbuhan itu makanannya air dan mineral yang larut dalam air. Jadi cantikku latisha jangan lupa sirami tanaman ya..kasih makan tanamannya biar tumbuh subur dan daunnya banyak.

Nah selain tumbuhan menyerap air lewat akarnya tumbuhan juga menyerap karbondioksida lewar daunnya. Karbon dioksida itu udara yang kotor sayang. Jadi jika banyak pepohonan udara akan semakin bersih dan segar dan Baik untuk kita bernafas.

Nah nantinya semua zat akan di bawa ke daun yang dari akar tadi nanti di bawa kedaun untuk dimasak biar matang..sama seperti latisha kalo mau makan kan dimasakin dulu sama mamah kan... nah kalo di daun nanti dimasaknya pakai sinar matahari. Kalo mamah masaknya pakai kompor.kalo tumbuhan masaknya pakai sinar matahari.

Nah nanti kalo sudah diolah maka bisa jadi karbohidrat seperti gula atau bahan tepung contohnya ya jadi tebu yang manis jadi mangga jadi buah kelengkeng dan jadi biji padi yang nasinya sekarang latisha makan..
Nah nanti sebagian zat makan digunakan untuk tumbuh dan berkembang. Jadi biar latisha cepet gede dan tinggi harus banyak makan seperti tumbuhan.

Oke semoga bermanfaat untuk menjelaska  tentang tumbuhan ke enak balita ya....