Skip to main content

Bolehkah kelinci makan nasi basi

Bolehkah kelinci makan nasi yang sudah basi. Tentu ini menjadi pertanyaan yang mendasar ketika ada nasi sisa yang terbuang dan sudah dalam keadaan basi. Lalu bagaimana boleh tidak diberikan untuk kelinci.
Nasi ketika sudah basi maka tentu sudah berkembang bakteri2 pembusukan di dalamnya.nah jika ini dinberikan ke pada kelinci. Tentu kelinci tidak akan mau memakannya akan tetapi karena posisi kelinci yang kelaparan mau tidak mau akhirnya dimakan juga oleh kelinci. Dan ini lah yang menjadi kelinci kita sakit seperti diare dan mendadak kelinci mati.

gambar Bolehkah kelinci makan nasi basi

Nasi basi bisa kita manfaatkan untuk pakan kelinci asalkan kita rubah terlebih dahulu menjadi nasi aking yang mana dengan mebguragi kadar air pada nasi tersebut bakteri dan jamur tidak akan bisa tumbuh..pengeringan nasi di bawah sinar matahari juga akan membunuh bakteri2 yang ada di nasi tersebut.
Nah setelah menjadi nasi aking maka bisa kita rebus atau rendam terlebih dahulu kemudian di campur dengan dedak maka ini akan bisa menjadi pakan alternatif untuk ternak kelinci dan juga ternak ayam atau bebek.

Semoga dengan cara ini tidak ada lagi nasi yang terbuang sia2. Cara lainya jika kalian tidak mempunyai ternak adalah dengan membuat nasi basi menjadi pupuk organik yang bagus untuk tanaman. Kalo tanaman pasti semua orang suka akan tanaman.

Nah begini caranya membuat mol dari nasi. Sediakan saja botol atau derigen sedang dan masukan sisa nasi basi kedalamnya ditambah dengan air dan beberapa bakteri dari yakult. Nah tiap harinya tinggal kita tambahkan nasi basi kedalamnya. Setelah seminggu maka akan jadilah pupuk organik cair yang bagus untuk tanaman. Cara aplikasinya cukup menambahkan 1 tutup mol dari nasi dengan 1 liter air kamaudian bisa di semprotkan kedaun tanaman atau lanhsung di gunakan untuk penyiraman tanaman.
Sekian semoga bermanfaat bagi rekan2 semuanya