Skip to main content

Cara membuat jamu herbal untuk kolam dan pakan lele

Jamu ini terbuat dari berbagai bahan alami dan bisa kita aplikasikan ke kolam atau bisa juga untuk penambah nafsu makan ikan dengan dicampurkan kepakan dengan cara di bibis.
Bahan yang kita gunakannadalah sebagai dibawah ini.
  1. Kunyit, temulawak, jahe ,temu ireng, laos masing masing sebanyak 1kg
  2. Daun pepaya 2 kg
  3. Jus nanas sebanyak 1buah
  4. 1 kg gula merah
  5. Dan tambahan air bersih secukupnya.


Cara pengolahannya
  1. Semua bahan kita kupas dan kemudian di cuci bersih masukkan kedalam blender usahakan semua bahan menjadi halus lalu tambahkan air secukupnya dan kemudian  saring lalu bisa kita rebus. Setelah mendidih diamkan saja dan simpan ditempat yang teduh.
  2. Jamu ini bisa bertahan lama asalkan baunya.masih bau khas jamu atau seprti bau tape jika ingin bisa bertahan lebih lama maka berikan probiotik yakult sebanyak 1 botol saja. Dan jamu akan bisa bertahan sampai beberapa bulan.
Untuk cara pemakaiannya afalah sebagai berikut.

Jika kita gunakan untuk merawat kolam maka gunakan sebanyak 1 gelas jamu dan campurkan kedalam satu ember air bersih adu- aduk dan siap diaplikasikan ke air kolam. Untuk rentang waktunya bisa 1 minggu sekali.

Dengan menggunakan jamu herbal ini maka bisa menekan bakteri patogen yang ada di air kolam dan bisa membuat lingkungan air menjadi lebih stabil.

Untuk bisa kita aplikasikan ke pakan maka langkahnya adalah gunakan sebanya jamu sebanyak  10 % dari pakan yang kita berikan ke ikan. Jamu ini bermanfaat untuk membantu proses pencernaan dan juga mengatasi perkembangannpenyakit yang menyerang ikan. Pemberia  jamu ini bisa kita berikan satu minggu sekali berselang seling dengan pemberian probiotik untuk ikan.

Demikian semoga bermanafaat bagi peternak lele senusantara