Skip to main content

cara menanam kencur di pekarangan rumah dengan media tanam kotoran kelinci

Siapa sih yang tidak kenal kencur, biasanya digunakan dalam pembuatan jamu beras kencur, rasanya agak sedikit ada pedas2nya, nah dari pada kita membeli kencur, lebih baik kita menanamnya sendiri di pekarangan, karena ada sebagaian resep makanan yang menggunakan kencur, jadi dari pada beli repot2 kepasar jadi tanam sendiri aja, cara menanamnyapun ndak sulit kok, tinggal kita mencari bibit kencur dipasar kemudian rendam dengan larutan zpt dan siap langsung ditanam dilahan pekarangan , boleh langsung di tanah atau mau ditanam di dalam pot juga boleh.


Langkah pertama siapkan kompos dari kotoran kelinci, kenapa harus kotoran kelinci, karena yang saya punya ya cuman itu, ambil dari peternakan kelinci di belakang,

Gali tanah sedalam 5 cm saja jangan terlalu dalam nanti tunas kencur malah sulit untuk keluar. kemudian masukkan rimpang kencur usahan tunasnya menghadap keatas ya.. supaya tumbuhnya gampang, jangan sampai posisi rimpang mengarah kebawang yang mana ini akan membuat tunasnya sulit untuk tumbuh.

Nah setelah beberapa bulan kencur akan tumbuh subur, untuk memanennya jangan di cabut semua gali saja sedikit dan ambil rimpangnya sesuai dengan kebutuhan untuk memasak didapur.