Skip to main content

Cara mencangkok pohon mangga dijamin keluar akar

Saya biasa jika ingin menanam mangga maka tinggal beli saja dipenjual bibit tanaman, akan tetapi entah kenapa melihat pohon mangga madu milik tetangga saya kepengen juga menanamnya dan pengen mencangkoknya, setelah minta izin ketetangga saya langsung mencangkoknya, karena buahnya yang lebat dan rasanya yang manis mirip madu.

Cara mencangkok pohon mangga dijamin keluar akar



Kenapa saya pilih mencangkok saja dari pada membeli bibitnya ya karena pengin nantinya hasil tanamannya seperti atau mirip dengan indukannya berbuah lebat dan manis.

Caranya seperti biasanyalah sudah tidak perlu saya jelaskan lagi yang jadi perhatian adalah saat mengupas kulit batang mangga untuk di cangkok usahakan kerok bagian batangya sampai kering dan usahakan mengeroknya dari arah bawah keatas dan diamkan selama kurang lebih 2 hari baru kita berikan media berupa cocopiet.

Kenapa ndak pakai tanah saja, boleh silahkan pakai tanah tapi saya lebih suka pakai campuran cocopiet dan kompos yang sudah matang selain akar tanaman cepat keluar yang kedua bisa menahan air lebih lama sehingga media cangkokan tidak mudah menjadi kering dan akan terus menerus lembab.

Jangan lupa untuk menusuk2 palstik supaya mudah dalam proses penyiraman jika media sudah mulai menunjukkan tanda-tanda mau mengering.