Skip to main content

Cara semai biji cempedak di polibag

Sebenarnya ini gampang sekali ndak saya tulispun kalian juga bisa deh menyemainya sendiri. Tapi karena mau nulis apa binggung saya lihat pohon cempedak yah saya tulis aja tentang tanaman ini.Cempedak itu mirip mirip buah nangka rasanya tapi baunya menyengat mirip2 sama duren gitulah.. bisa dimakan langsung jika sudah matang atau di goreng dengan di baluri tepung dan jadilah seperti pisang goreng taou dalamnya buah cempedak hehhe..


Biji cempedak juga bisa dikonsumsi loo. Bisa kalian rebus atau di goreng. Nah untuk menyemai biji cempedak maka bersihka  dulu bijinya dari sisa2 daging yang menempel dengan cara di cuci dan di jemur di bawah sinar matahari.  Jangan lama2 yang cukup 2 sampai 3 jam saja.
Lalu kalian siapkan polibag dengan diisi campuran tanah dan kompos didalamnya. Perbandingannya 1:1.Ingat gunakan kompos yang sudah matang supaya media tidak panas.

Nah kemudian masukkan biji cempedak didalamnya lalu timbun lagi dengan tanah. Sirami setiap hari dan letakkan di bawah pohoh yang rimbun atau ditempat2 yang lembab. Yang sedikit terkena cahaya sinar matahari.

Untuk penyemaian buah yang lainya juga sama contoh seperti biji nangka, kelengkeng, durian lalu alpukat caranya sama sperti diatas nah nanti setelah tumbuh dan batangnya sudah kuat baru dek kita sambung dengan batang atas supaya segera berbuah.

Oke sekian dulu ya dan terima kasih..