Skip to main content

Ketika anakan kekinci ditinggal mati indukannya

Ketikan anakan kelinci ditinggal mati indukannya entah itu karena kelumpuhan penyakit lainya seperti mastitis kokidiasis dll maka kita akan merasa kehilangan sekaligus akan merasakan kebingungan. Apa lagi anakan kelinci masih belum memasuki masa sapih dan masih memerlukan asupan nutrisi dari indukannya.
Maka ini jangan dianggap sepele. 


Tidak ada susu hewan lain yang bisa menyamai susu induk kelinci yang kaya akan colustrum. Maka dari itu jika kita mengawinkan kelinci maka programlah beberapa indukan dengan mengawinkanya bebarangan. Jika peternakan kelinci sudah banyaknindukannya maka tentu ini buka  menjadi soal untuk menitipkan anakan yang ditinggal mati induknya ke indukan lainnya.
Saya rasa cara satu2nya cuman itu saja..hanya dengan menitipkan indukan atau dijadikan anak asuh induk lainnya. Jangan lupa untuk menambahkan jumlah porsi pelet yang banyak supaya produksi susu indukannya bisa banyak dan lancar.

Pilih pelet dengan kadar protein dan mineral yang tinggi agar produksi susunya bisa bagus dan pertumbuhan anakannya bisa baik. Solusi lain dengan mengunakan susu formula saya belum pernah berhasil mencobanya.. kebanyakan dari hasil ujicoba saya mebgunakan susu formula apa oun merknya selalu gagal dan anakan kelinci pasti mati. Jika ada yang sudah berhasil menggunakan susu formula bisa di share pengalamnya di komentar atau di group whatapp industrikelinci.

Induknkelinci tidaknakan pernah menolak menyusui jika nutrisi yang kita berikan sangat bagus. Artinya kita mengunakan pelet dengan kandungan nutrisi yang baik. Nutrisi ini akan dirubah oleh kelinci menjadi asi dan membuat bagian dada kelinci tidak merada nyaman dengan kondisi tersebut. Nah indukan akan secara otomatis masuk ke kotak beranak atau keliang untuk menyusui anak2nya supaya ambingnya merasa normal kembali.
Demikian semiga bermanfaat.