Skip to main content

Mengapa tanaman memerlukan air

Tanaman tidak bisa hidup tanpa adanya air. Bahkan semua mahkluk hidup didunia ini tidak bisa hudup tanpanya. Air merupakan sumber kehidupan di muka bumi ini. Dan pertanyaannya adalah kenapa tumbuhan butuh air karena iar atau H20 merupakan senyawa yang di perlukan tanaman untuk proses fotosintesis tanpa air, matahari, dan karbon atau tidak ada salah satunya maka proses fotosintesis tidak akan bisa terjadi dan tanaman bisa mati.

Air juga berfungi melarutkan berbagai unsur dan senyawa yang ada didalam tanah seperti nitrat, ca,kalium, pospor dll

Karena tanpa adanya air, unsur dan senyawa senyawa tersebut tidak akan bisa diserap oleh akan dan tidak akan bisa di olah dalam proses fotosintesis.

Walaupun tanaman padang pasir seperti kaktus sekalipun yang kelihatannya hidup didaerah tanpa ada air tapi mereka juga memerlukan air untuk bisa bertahan hidup. Akan tetapi proses adaptasinya memang sedikit menggunakan air.

Air sangat penting bagi kehidupan tumbuhan untuk tanaman yang ditanam didalam pot otomatis maka jangkauan akarnya untuk mendapatkan air akan berkurang dan hanya di lingkup pot saja maka dari itu tugas kita adalah menyirami pot agar tanaman bisa berkembang dengan baik.

sumber bacalebih