Pengalaman mengatasi kelinci yang terkena mencret dan diare

Pengalaman mengatasi kelinci yang terkena mencret dan diare-Saya ada pengalaman untuk mengatasi kelinci yang terkena serangan diaere karena bakteri. Mungkin juga salah saya waktu itu yang memberikan kelinci makanan yang basi sisa sisa dari nasi kotak yang tidak dimakan. Dan besoknya kelinci langsung terkena diare parah serta nafsu makannya mulai berkurang.


Solusi yang pertama ber madu u tuk menjaga stamina kelinci. Madu juga mengandung antibakteri yang mana akan membunuh bakteri2 penyebab diare pada kelinci. Berikan kelinci madu di pagi dan sore hari. Gunakan saja alat suntik yang sudag dihilangkan jarumnya supaya mudah dalam memberikan madu kepada kelinci.

Baca Juga : jenis obat obatan untuk kelinci dikandang
Setelah itu ganti pakannya ke hijauan kering agar pencernaan kelinci normal dan nyaman kembali. Hindari pemberian hijaun segar akan lebih baik jika hijaunya dalam kondisi kering dan layu. Usahakan kelinci menghonsumsi banyak serat agar fasesnya tidak cair lagi.

Pengalama saya besoknya nafsu makanya sudah normalnkembali. Jika dihari berikutnya kondisi masih sama saya biasa memberikan vitamin b12 injeksi bersama dengan antibiotik berbahan aktif oxytetraciline. Antibiotik ini bisa kalian beli di toko hewan peliaharaan atau toko2 pakan ternak.

Baca Juga : Ternak kelinci sama dengan ternak uang
Jika selang berikutnya kelinci masih belum sehat juga kemungkinan kelinci terkena diare karena stress. Stres pada kelinci juga bisa memicu diare parah pada pencernaan kelinci. Karena jika kelinci mengalami stress maka kelinci akan mengeluarkan hormon yang mana hormon ini akan memperngaruhi jumlah bakteri jahat didalam.pencernaan kelinci.

Jika kelimci diare karena stres maka cara menhobatinya adalah memberikan dia suasana yang nyaman agar terhindar dari stress.

Demikian semoga membantu.
Baca Juga : Perkembangan kelinci di internet
LihatTutupKomentar