Skip to main content

Usaha pembuatan batu bata dari tanah liat

Batu bata di daerah saya ponorogo. Menjadi bahan baku utama untuk pembuatan rumah. Pas disini musim kemarau banyak sawah tadah hujan yang disulap menjadi lahan untuk memperoduksi batu bata. Karena jika ditanamai padipun juga akan kesulitan untuk proses pengairannya.

Karena didaerah kami sudah ada pemasaranya yaitu ke perusahaan properti maka biasanya para pengerajin batu bata hanya membuat saja dan proses pembakaran dan penjualan sudah diserahkan kepada istilahnya disini juragan batu bata.

Berikut tata cara pembuatan batu bata. Didaerah kami untuk pengolahan tanah agar mudah di cetak menjadi batu bata sudah mengunakan mesin jadi setiap haripun kami bisa mencetak batu bata sebanyak lahan yang dimiliki.

Berikut penampakan mesinnya.. oh iya jika ada yang mau pesan mesin seperti ini bisa hubungi kami dikontak blog ini.

Kami menggunakan cetakan berbahan dari kaca, dulu kami menggunakan cetakan berbahan kayu akan tetapi  tanah liat sering lengket jika cetakan tidak dibasahi terlebih dahulu.

Akhirnya kami mencoba membuat cetakan dengan bahan kaca. Kami membuat dari kaca yang biasa digunakan untuk aquarium dan untuk merekatkannya kami juga mengunakan lem khusus seperti pada pembuatan aquarium.

Berikut ini penampakan cetakanya.
Jika ada yang mau pesan silahkan hub wa 082236895255

Dengan cetakan bebahan kaca maka tanah tidak akan mudah lengket dicetakan dan proses mencetak batu bata semakin cepat dan efisien.