Skip to main content

Warna Air Kencing Kelinci menandakan kesehatannya

Banyak yang berfikiran kenapa air kencing kelinci itu sering berubah-ubah kadang kita sendiri sebagai peternak kelinci merasa khawatir dengan kondisi kesehatan kelinci yang urinenya selalu berubah2, urine kelinci yang sehat biasanya berwarna kuning pucat dan sdikit agak keruh, ya semua warna urine kelinci dari hampir bening hingga kuning tua, oranye terang, coklat atau merah tua. Dalam kebanyakan kasus, urine berwarna tidak perlu dikhawatirkan.bebrapa kandungan obat yang diberikan kepada kelinci sepeerti antibiotik dan sebagainya akan dapt mengubah warna urine kelinci, terlebih lagi dari pigmen tanaman jika kalian mmeberikan hijauan pada kelinci maka urune kelinci akan berubah warnanya sesuai dengan yang dia makan, sayuran atau hijauan yang tinggi kan betakarotien seperti wortel, bayam, bit, dll akan membuta urine kelinci berubah warnanya dan ini normal, jadi kalian tidak perlu khawatir. klaian akan melihat urinnya kembali normal kembali dalam waktu beberapa hari.




lalu bagaimana dengan urine yang berwarna merah seperti ada campuran darah, jangan khawatir terlebih dahulu karena dari dalam urine itu jika ada sangat sulit dideteksi dengan penglihatan mata saja, warna merah tersebut mungkin dihasilkan dari pigmentasi tanaman, nah jika memang urine bercampur dengan darah itu biasanya jkelinci pada masa setelah melahirkan, urinya akan sedikit nerah karena bercampur dengan darah dari rahimnya, atai jika tidak kelinci kalian mengalami yang namanya kegug*ran karena benturan atau karena pemberian daun lomtoro pada kelinci yang hamil dibawah usia 15 hari.

nah jika warna merah dalam urine kelinci tidak hilang dalam beberapa hari kemungkinan ini yang menjadi penyebabnya adalah pada ganguan kantong kemih kelinci, jika seperti ini maka harus mendapatkan penangana khusus ciri lainnya jika kelinci terkena ganguan kemih adalah ketika selesai buang urine maka ada sisa2 darah yang menetes, jika inginmelakukan pengobatan maka hilangkan dulu pelet kelinci  dan ganti dengan full hijauan selama beberapa hari, bisa kalian berikan daun seledri yang di percaya bisa menyembuhkan ganguan pada kantong kemih kelinci.

Bagaimana dengan urin putih susu?

jika kelinci kalian mengeluarkan urine yang berwarna putih seperti susu maka sudah bisa dipastikam kandungan kalsium pada pelet terlalu tinggi, kalsium yang tinggi akan ikut dibuang malaui ginjal dan urine, segera ganti pelet dengan kandunga kalsium yang diijinkan untuk kelinci, baca pada postingan sebelumnya.

jika kalian memberikan bayam atau kankaung juga akan menimbulkan kencing kelinci yang berwarna putih susu karena oksalat pada bayam yang mengikat kalsium dalam darah dan inilah yangbisa menyebabkan urine kelinci emnjadi putih susu. jangan biarkan ini berlangsung secara terus menerus karena kan merusah gijal kelinci kalian.

pada dasarnya perubahan urune kelinci tidak akan mempengaruhi kesehatannya selama nafsu makannya masih normal, maka kalian tidak usah perlu khawatir, yang perlu dikhawatirkan ialah ketika nafsu makannya sudah mulai menurun dari biasnya nah ini yang harus kalian cari tahu, jadi ketika kelinci bertingkah tidak sesuai seperti biasanya maka segeralah lakukan diagonsa agar mendapatkan penangana yang segera.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar