Skip to main content

15 tanda kucing kesayangan kalian sedang sakit dan harus segera di bawa kedokter

Apakah kamu merasa ada yang tidak beres dengan  kucing kesayanganmu ? Sebagai pemilik hewan peliharaan, kalian pasti selalu ingin memastikan bahwa kucing yang kalian pelihara dalam kondisi sehat. berikut adalah daftar yang harus kalian periksa jika ada tanda seperti dibawah ini kemungkinan kucing kalian sakit.

gambar 15 tanda kucing kesayangan kalian sedang sakit dan harus segera di bawa kedokter

1. Tidak nafsu makan

Seekor kucing hanya bisa bertahan hidup tanpa makanan dan air selama tiga hari, tetapi kalian tidak harus menunggu selama itu untuk memutuskan  membawa kucing ke dokter hewan. Jika kucing kalian belum makan selama 48 jam, maka kucing  pasti merasakan sesuatu yang menyakitkan atau benar-benar sakit.

2. Kucing lesu

Jika kalian melihat bahwa kucing kesayanganmu tidak bergerak seperti biasanya, sepertinya lebih banyak tidur daripada biasanya, ada kemungkinan ia mengalami rasa sakit di tubuhnya. Kemungkinan alasan bahwa hewan peliharaan kalian tidak banyak bergerak adalah radang sendi, yang merupakan penyebab utama kucing lesu . Apalagi kelesuan juga merupakan tanda depresi pada kucing.

3. Perubahan Berat badan menjadi kurus

Penurunan berat badan yang tiba-tiba bisa menjadi sesuatu yang serius yang perlu diperhartikan karena ini bisa berarti kucing kalian tidak makan dengan baik. Alasan lain penurunan berat badan yang tiba-tiba adalah penyakit tiroid, jadi sebaiknya kalian memeriksakan kucing segera setelah kalian menyadari hal ini.

Di sisi lain, kenaikan berat badan secara tiba-tiba juga bisa menjadi indikator bahwa kucing kalian sakit atau hamil.

4. Perubahan Perilaku

Kucing yang tiba-tiba bertingkah aneh seperti menjadi agresif ketika disentuh dapat berarti bahwa sesuatu di area yang disentuh itu menyakitkan. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jika kucing suka dan lebih sering bersembunyi

Jika kucing tidak ingin disentuh atau dibelai, kelinci mungkin merasa sakit sehingga kelinci lebih suka bersembunyi.

5. Pola tidur yang tidak teratur

Kelesuan bisa menjadi alasan mengapa kucing kalian tiba-tiba tampak lelah dan selalu mengantuk. Itu juga menunjukkan bahwa ia merasa lemah dan tidak sehat. Namun, kalian juga harus waspada terhadap kegelisahan. Jika kucing kalian bangun siang dan malam, maka ada sesuatu yang mengganggunya.

6. Nafas bau

Banyak pemilik hewan peliharaan yang dengan mudah mengabaikan tanda ini karena kelinci berpikir bau tidak enak dari mulut kucing adalah normal karena makanan yang dimakannya. Bau mulut juga bisa menunjukkan bahwa kucing kalian menderita penyakit metabolisme.

7. Mata berair dan keluar ingus

Kotoran dari mata dan hidung kucing bisa jernih, kuning, merah, dan cokelat. Apa pun warnanya, jika kucing kalian kelihatan seperti itu untuk jangka waktu yang cukup lama, itu bisa berarti ia memiliki penyakit kronis. Salah satu penyakit paling umum menyerang adalah infeksi saluran pernapasan atas .

8. Darah dan Lendir di Kotoran

Darah dan lendir di tinja kucing  bisa berarti kucing terjangkit parasit usus, dan tumor. Gejala-gejala ini tidak boleh diabaikan karena bisa berarti sesuatu yang fatal.

9. Sering minum

Seekor kucing yang selalu haus tidak secara otomatis berarti ada sesuatu yang salah. Ini bisa berarti bahwa cuaca terlalu panas atau kucing kalian makan sesuatu yang kaya akan sodium. Namun, sering minum juga bisa menjadi salah satu gejala kondisi medis seperti diabetes dan penyakit ginjal kronis.

10. Muntah

Sangat umum bagi kucing untuk muntah sesekali karena sesuatu yang membuat perut kelinci kembung. jika kucing kalian muntah beberapa kali sehari dan sepertinya tidak membaik maka ini pertanda serius.

Jika ada darah dan lendir di muntah kucing kalian, mungkin ada beberapa penyakit seperti maag, pankreatitis, dan perut meradang. segera bawa kedokter hewan.

11. Suhu Tidak Normal

Mungkin ada beberapa alasan mengapa kucing kalian demam, Kemungkinan penyebab demam adalah infeksi bakteri, tumor, dan penyakit.

12. Batuk

batuk adalah salah satu gejala yang mungkin tampak tidak berbahaya pada awalnya, tetapi ketika tidak diobati atau jika tidak hilang, itu bisa menjadi gejala dari sesuatu penyakit yang sangat serius.

Batuk bisa menjadi tanda asma, infeksi paru-paru jamur, atau cacing hati pada kucing .

13. Diare

Diare adalah gejala yang lebih mengkhawatirkan ketika dipasangkan dengan gejala lain. Ada banyak alasan mengapa kucing mengalami diare dan beberapa di antaranya adalah parasit, infeksi, stres, gangguan peradangan, dan penyakit metabolisme.

14. Suara serak

Gejala ini bisa luput dari perhatian terutama jika kalian tidak terlalu terbiasa dengan suara kucing kalian. penyakit ini sering disertai keluarnya cairan dari mata dan hidung kucing.

15. Ada Benjolan 

Benjolan di tubuh kucing bisa disebabkan oleh trauma. Jika itu masalahnya, kalian mungkin tidak perlu khawatir. tapi jika benjolan  mungkin adalah sejenis tumor maka kalian perlu khawatir dan segera memeriksakannya ke dokter hewan

Sebagai pemilik hewan peliharaan yang bertanggung jawab dan penuh kasih sayang, sebaiknya kalian tidak menunggu sampai keadaan kucing memburuk sebelum kalian membawanya ke dokter hewan.