Skip to main content

Beberapa gejala gejala yang tergangu jiwanya

Dari beberapa ciri yang saya sebutkan dibawah ini kemungkinan menimpa diri saya secara pribadi atau bagi para pembaca sekalian. Gangguan jiwa kemungkinan disebabkan oleh jin yang sengaja menjauhkan kita dari Alloh.

1. Kita akan lupa dari kebiasaan berzikir kepada Alloh. Dan sering lalai dalam menjalankan sholat. Dan sering menunda2. Akhir2 ini saya memang sering sekali menunda2 sholat terutama sholat isya. Padahal sudah diingatkan kalo sholat yang paling berat bagi orang munafik itu adalah sholat subuh dan isya. Segera mendekat ke majlis pengajian kalo sudah terasa malas seperti ini. Apalagi jika sudah malas pergi ke masjid untuk sholat berjamaah. Supaya ada yang mengingatkan.

gambar Beberapa gejala gejala yang tergangu jiwanya

2.timbul rasa pusing yang berkepanjangan tanpa sebab yang jelas. Karena banyak fikiran dan sering memikirkan tentang dunia. Seperti uang dan harta benda. Banyak bekrhayal menjadi sukses dikemudian hari tapi tanpa ada tindakan yang jelas. Hanya sering melamun saja.

3. Sering marah tanpa sebab. Baru ada masalah sedikit langsung dilampiaskan dengan kemarahan. Ada omongan yang menyinggung hati kita, kita langsung marah.

4. Linglung atau seperti tidak nyahut kalo diajak berbicara contoh ketika diajak berbicara sama kedua orang tua.

5. Mudah lupa padahal sebelumnya tidak pernah lupa. 

6. Rasa lemas pada sekujur tubuh dan muncul rasa malas. Mulai malas untuk melakukan olahraga dan gerak tubuh yang pada akhirnya badan menjadi lemas tidak bersemangat.

7. Tidak nyenyak ketika tidur di malam hari dan keseringan berkeringat dimalam hari. Saya sering mengalami berkeringat tengah malam sampai2 bantal basah karena keringat padahal cuaca di luar malam hari sangat dingin.

8. Sering merasa gundah dan sempit hati lalu meresa sedih sendiri. Hal ini juga sering saya alami ketika orang laun senang kita malah merasa sedih. Jika seperti ini berarti di hati kita ada penyakit.

9. Suka menangis sendiri tanpa ada sebab yang jelas. Jika sudah extrim maka kita akan merasa sedih lalu keluar air mata. Usahakan untuk segera pergi ke masjid dan bermunajat menangis dihadapan Alloh. Agar hati kita lebih tenang. Saya sering lari ke masjid Al Akbar surabaya kalo sudah seperti ini. 

10. Sering mimpi buruk seperti dibacok orang dan dipukul orang dan mimpi2 buruk lainnya.

11. Suka menyendiri dan minder menarik diri dari aktifitas di masyarakat. Jarang bergaul dengan masyarakat sekitar dan acuh tak acuh dengan tetangga dan lingkungan sekitar.

12. Tidak betah ngobrol dengan keluarga. Terutama dengan istri dan anak. Atau sering bersikap keras terhadap mereka. Hilangnya rasa lemah lembut dan kasih sayang.

13. Muncul berbagai penyakit di dalam tubuh yang sulit diobati seperti alergi dan lainnya.

14. Perubahan menjadi pribadi yang negatif. Yang awalnya energik, pandai, rajin, menjadi seorang pemalas dan pelupa

Jika ada yang mempunyai  gangguan seperti yang saya tulis diatas tadi kemungkinan jiwa kita terganggu. Jadi jangan menunda2 untuk segera mendekatkan diri kepada Alloh. Jika berat menjalankannya maka minta tolonglah kepada seseorang guru.