Skip to main content

Cara pembungkusan buah kelengkeng dengan kantong jaring agar terhindar dari serangan kelelawar

Kelengkeng yang saya tanam di pekarangan rumah berbunga sangat lebat sekali. Ini sudah ke 3 kalinya kelengkeng yang ditanam 2 tahun lalu berbuah. Oh iya untuk jaringnya kalian bisa order di tokopedia atau bukalapak ya..insyaAlloh harganya cukup murah..kalo lebih murah lagi pergi ke pasar dan bisa minta wadah bawang import yang karungnya biasanya berwarna merah. Nah itu bisa kita pakai untuk membungkus buah kelengkeng.


Dan jangan membungkus kelengkeng pakai keresek ya... pokoknya bungkus atau membrobgsongnya harus pakai yang banyak lubangnya.. ada juga tetangga yang membungkus kelengleng dengan jaring satu pohon bersama dengan daun-daunnya. Kalo menurut saya cara ini kurang bagus karena bisa mengurangi cahaya sinar matahari ke daun klenkeng yang mana nanti akan mempengaruhi proses fotosintesi di daun kelengkeng itu sendiri. Kita hanya perlu membungkus buahnya saja tidak perlu satu pohon berserta daunnya dibungkus atau di brongsong. Cara ini memang praktis namun itu tadi cahaya matahari bisa terhalang dan fotosintesis akhirnya berjalan kurang sempurna.

Kalo saya lihat di petani kelengkeng di daerah Prambanan jogja disana pembungkus kelengkengnya pakai anyaman bambu gitu. Kalo disini cari yang seperti itu tentu saja agak susah.

Setelah dibungkus kita tinggal menunggu saja buahnya matang dan siap untuk dipetik. Jika sudah matang jangan lupa yang dipekarangan rumahnya ada kelengkeng untuk dibagikan sebagian ketetangga terdekat supaya lebih berkah dan kedepan bisa berbuah lebih banyak lagi...