Skip to main content

Plesiran dari jakarta ke pacitan naik kerata api

Bagi kalian yang ingin berwisata menikmati indahnya alam di kab pacitan tempat kelahiran pak SBY, perjalanan menuju kesana bisa mengunakan kereta api namun sayang sekali, stasiun kereta api tidak ada di pacitan, mungkin karena wilayah pacitan yang di kelilingi oleh gunung dan perbukitan membuatnya pemerintahan kolonial belanda tidak membuat jalur kerta melewati pacitan. jalur kereta api yang ada hanya sampai kabupaten perbatasan saja seperti stasiun di ponorogo yang sekarang sudah tidak aktif dan stasiun wonogiri ( masih aktif untuk kereta lokal).

tapi ndak usah khawatir perjalanan dari jakarta mnuju pacitan menggunakan kereta api masih bisa kok kalian lakukan dengan transit dulu di stasiun Solo balapan, kemudian dilanjut kembali dengan menggunakan bis dari terminal tirtonadi solo menuju pacitan.

kalo sudah sampai stasiun solo balapan kalian tinggal jalan saja menuju terminal tirtonadi karena jaraknya dekat. atau bisa melewati jembatan yang ada diatas itu yang menghubungkan stasiun dengan terminal tirtonadi. sambil melihat pemandangan kota solo dari atas. banyak sekali pilihan kereta api dari jakarta menuju ke stasiun solo balapan. kalian bisa langsung mengaksesnya di kai.id. seperti senja utama solo, argo dwi pangga, agro lawu, gajayana, bima dll, ini untuk kelas eksekutif.


jika mengiginkan naik kereta api yang lebih murah kalian dari jakarta bisa ,naik kereta ekonomi, akan tetapi tidak berhenti di stasiun solo balapan, melainkan di stasiun porwosari solo. kalian bisa naik kereta bogowonto atau kereta api gaya baru malam selatan. kemudian dari stasiun Purwosari ke terminal Tirtonadi bisa menggunakan grab atau gojek.



Nah untuk bus dari solo kepacitan, bus yang tersedia adalah bus aneka jaya, dn seperti saya lihat di terminal tirtonadi tidak ada bus menuju pacita yang Ac kecuali bus jarak jauh dari jakarta dan bandung yang menuju pacitan, kalo dari terminal solo semua bus ekonomi, tapi ndak usah khawatir, Busnya nyaman kok dan bersih, sebelum tiba di pacitan kalian akan melewati indahnya pemandangan di waduk gajah mungkur Wonogiri. oh iya tiket bus aneka jaya sekitar 30 ribu saja, saya terakhir naik bus ini sekitar tahun 2018, mungkin harga tiketnya sudah naik, jalan yang ditempuh berkelak kelok namun kondisi aspalnya sudah sangat bagus sekali.