Skip to main content

Tips beternak ayam kampung yang menghasilkan walaupun bagi pemula

Semua usaha pasti memiliki resep rahasi kesuksesan dalam menjalankan bisnis tersebu, nah terkadang banyak dari para pelaku bisnis yang jarang membagikan informasi tersebut, termasuk juga cara sukses beternak ayam kampung yang menghasilkan pundi pundi rupiah kedalam rekeng kita maka dari itu kami kan sedikit berbagi informasi tersebut,

TIPS BETERNAK AYAM KAMPUNG YANG MENGHASILKAN WALAUPUN BAGI PEMULA

kalau menurut saya peternakan ayam kampung lebih bisa diandalkan dari pada peternakan lele, kambing atau pun bebek, dan lainnya ini dikarenakan persaingan usaha opeternakan ayam kampung belum bahyak yang menekuninya secara intensigf kebanyakan hanya dipelihara secara tradisional didesa desa oleh para petani sebagai sambilan saja. maka dari itu persangannya juga sangat sedikit akan tetapi permintaan daging dan telurnya semakin meningkat.
GAMBAR TIPS BETERNAK AYAM KAMPUNG YANG MENGHASILKAN WALPUN BAGI PEMULA

jika dilihat dari segi harga maka ayam kampung ini memiliki ahrga yang cenderung stabil dan bahkan semakin meningkat. terkadang masalah harga sangat berbanding terbalik denganayam pedaging jenis ras yang harganya naik turun sangat fluktuatif sekali tergantung stok dipasaran. kadang menjelang lebarang maka harga ayam akan melambung tinggi, initinya beternak ayam kamppung masih menjadi usha ternak hewan yang sangat menjajikan untuk saat ini.

Cara beternak ayam kampung sangatlah mudah


jika kamu berminat dengan budidaya ayam kampung ini maka pas sekali sekarang kita akan membahasnya secara lengkap. yang pertama adalah fokus pada hasil, apa yang ingin dicapai kedagingkah atau ketelur semua sama-sama menguntungkan, jadi tentukan pilihanmu sekarang,  kita ambil contoh saja ayam kampung pedaging. jika sudah maka kita akan mencari bibit untuk peternakan ayam kampung, ingat jenis bibit yang digunakan untuk diambil daging dan telurnya itu berbeda,  maka dari itu gali sebanyak-banyaknya informasi tentang peternakan ayam kampung ini. kamu bisa memulai dengan membaca baca  diinternet salh satunya kamu bisa membaca tenta semua peternakan ayam di blog ini atau berkunjung ke peternak yang sudah sukses dalam pengembangbiakan ayam kampung super ini, mencarainya agak sulit memang berbeda dengan peternak ayam pedaging yang bisa kita jumpai dimana mana.

jika kesulitan maka kamu bisa pergi ketempat dinas peternakan terkait, biasnay mereka meiliki data tentang siapa saja yang bertan ayam kampung dilingkup daerahnya. keilmuan ini sangat penting sekali karena ini merupakan kunci sukse beternak apapun mulai dari beternak ayam bangkok ataupun beternak ayam ras, sehingga peternakan ayam kita akan berjalan dengan lancar dan tidak akan mengalami kendala yang berarti ditengah jalan.

Maka dari itu segala sesuatu yang menyakut dengan peternakan ayam kampung ini harus disiakan sedini mungkin dan jauh jauh hari. Jangan sampai memutuskan untuk membuka usaha kemudian kitaw mengalami kendala ditengah jalan dan akhirnya kita kebingungan dan putus asa ditengah jalan. Setelah itu anda akan merasa mengalami kesulitan dalam hal mengatasi masalah tersebut seperti berbagai penyakit yang menyerang dan anda tidak punya pengetahuan untuk mengatasinya maka persiapkan semuannya dari awal, bisnis itu bukan coba-coba dan bukam ajang untuk belajar, ,jangan gunakan bisnis untuk belajar dari pengalaman, pelajarilah pengalaman orang lain dan itu akan berdampak mengurangi kerugian yang besar atas kegegalah yang dalam membuka bisnis peternakan ayam kampung ini.

Semuanya harus kamu kuasai dari hulu sampai hilirnya dari mulai pemilihan bibit, pakan yang digunakan, pola pemeliharaanya, cara budidaya, penanganan mengatasi penyakit, dan dampai ke pemasaran atau penjualannya. Jalin kerjasama yang baik dengan para peternak ayam kampung karena suatau saat jika kita mengalami kendala dilapangan saat beternak ayam tersebut, mereka bisa kita mintai pertolongan, juga bisa saling menjalin kerjasama masalah pemasaran natinya jika sudah memasuki masa panen,

Berikut ini tips memelihara ayam kampung supaya sukses 


banyak peternak ayam kampung memelihara ayam ini hanya untuk kepentingan pribadi saja artinya dipelihara hanya untuk memenuhi kebutuhan protein hewani keluarga belum untuk dikomersilkan, ada sebagian yang dikomersilkan karena kebutuhan mendesak akan uang. banyak yang memelihara ayam kampung dengan sistem umbaran dan membiarkannya mencari makan sendiri dialam liarnya, hal seperti ini bisa saja akan tetapi ayam akan sulit berkembang atau lam dalam proses pembesarannya karena pakan yang dipakai kita tidak bisa mengontrolnya. 

Namun jangan khawatir sekarang juga sudah banyak peternakan ayam kampung yang pola pemeliharaanya secara intesif dsn profesional. Dengan sistem ini maka bobot ayam akan terpantau kesehatan ayam juga kita pantau, jika terjadi serangan penyakit maka bisa kita lakukan penanganan denga segera. Perbedaan sistem umbaran untuk mendapatkan bobot ayam seberat 1kg maka kita memerlukan waktu selama 6 bulan, jika mengunakan sistem intensif maka hanya perlu waktu 2 bulan saja untuk mendapatkan bobot seberat 1 kg.

Sekarang kita masuk kedalam pemilihan lokasi yang pas untuk beternak ayam kampung ini. pilih loasi untuk peternakan ayam akampung ini yang memiliki cahaya sinar matahari yang masuk, jika umbaran usahakan kondisinya jangan yang lembab\, kondisi yang kering akan membuat ayam menjadi lebih sehat dan tidak mudah terserang penyakit. dan jangan jauh dari ketersedianan paka dan sumber air, pikirkan juga jangan berdekatan denga pemuk;iman warga, jika bisa untuk 100 ekor saja jika terlalu dekat dengan pemukiman maka hal ini akan mengangu sekali. saran bagi pemula mualilah dengan hal kecil terlebih dahulu misalnya dengan modal kecil dan beberapa ekor ayam dulu saja. sampai nanti berjalannya waktu kalian akan memahami semua tentang cara blisnis beternak ayam dari nol sampai berhasil.

Kenapa saya sarankan hal ini, karan bertujuan untuk meminimalisir kerugian yang akan diderita diawal awal beternak ayam pedaging ini, apapun bisnisnya pasti akan mengalami kerugian diawal awal pembukaan bisnisnya. Sekarang kita akan masuk kedalah hal pemasaran. untuk maslah teknis seperti pemilihan bibit DOC, pakan, jenis kandang, proses pemeliharaan akan kami bahan secara terpisah dari artikel ini,

Pemasaran ayam kampung sangat masih terbulka lebar sekali,  jenis ayam kampung memiliki testur agak kenyal dari ayam ras, memiliki rasa yang lebih enak dan lezat dari ayam jenis lainhya, memiliki sedikit lemak,memiliki protein yang tinggi dan banyak rumah makan ayam panggang lebih menyukai ayam jenis ayam kampung sebagai produk olahnnya. Nah pemasartnya bisa langsung menghubungi para pemilik bisnis ayam panggang biasanya mereka sudah memiliki pengepul yang menyetor ayam kampungnya, kita bisa meminta nomor pengepulnya, atau jika kita bisa melobi warung ayam panggang tersebut tentu ini kan lebih baik, 

Kita bisa juga menjualnya dipasar, ingat jangan jual kepengepul agar kita tidak mendapatka harga termurah. usahakan bisa menjual ayam langsung ke user atau pembeli terakhir. kita juga bisa membuka warung ayam pangang sendiri jika produksi ayam kita sudah banyak, memang tidak mudah diawalnya akan tetapi jika kita sudah menemikan pila bisnisnya maka tunggu saj pundi pundi uang kan segeram masuk kedompet kita dengan derasnya...

sumber bacalebih