Widget HTML Atas

Tips membuat umbi singkong berukuran besar

Saya sering melihat postingan singkong gajah di media sosial facebook. Lah kok bisa sege itu yah satu umbi hampir berbobot sekitar 1 kg. Banyangkan jika umbinya banyak. Tanah yang digunakan juga gembur dan subur jadi umbinya bisa berkembang menjadi membesar. Tapi bibit singkong itu dari mana ya.. koment saya juga belum dibalas sih..


Dulu waktu SD juga pernah praktek menyambungkan dua batang singkong yang batang bawah kita gunakan singkong yang biasa dikonsumsi dan yang batang atas kita gunakan singkok karet yang memiliki daun lebar2 dan rimbun.

Tapi saya masih penasaran dengan singkong gajah. Apakah karena bibitnya atau dari cara pengolahan lahanya yang bagus. Nah kata beliau kunci utamanya adalah pada pengolahan lahan percuma saja kalo bibitnya bagus akan tetapi lahanya minim nutrisi. Maka akan sia-sia hasil panenanya.

Pemberian pupuk merupakan kunci utamanya dengan menaburkan pupuk kandang pada lahan yang akan kita olah. Kemudian jika sudah mulai ditanam dan muncul tunas kita genjot lagi pertumbuhanya dengan menambahkan pupuk npk disekitaran batang singkong sebanyak 0.5 gram perpohonya dan melakukan pemupukan susulan setelah singkong berumur 3 bulan. 

Nah agar hasilnya maksimal panenlah singkong diusia 10 bulan. Wah sudah seperti wanita mengandung saja ya...
Baca Juga : Manfaat menanam buah anggur sendiri di pekarangan